ANALISIS TARIF BUS LISTRIK TRANS JOGJA BERDASARKAN BOK, ATP DAN WTP

2101411001, Nadya Setya Rahayu (2025) ANALISIS TARIF BUS LISTRIK TRANS JOGJA BERDASARKAN BOK, ATP DAN WTP. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I dan Bab V] Text (Judul, Bab I dan Bab V)
Bab I dan Bab V_Nadya Setya Rahayu.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran] Text (Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran)
Bab II, Bab III, Bab IV dan Lampiran_Nadya Setya Rahayu.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis penetapan tarif Bus Listrik Trans Jogja berdasarkan tiga pendekatan: Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Ability To Pay (ATP), dan Willingness To Pay (WTP). Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Yogyakarta yang mencapai lebih dari 3,4 juta unit, serta dampak lingkungan yang ditimbulkan, sehingga pemerintah meluncurkan Bus Listrik sebagai solusi transportasi publik ramah lingkungan. Metode yang digunakan adalah survei melalui kuesioner kepada penumpang untuk memperoleh data mengenai karakteristik pengguna, kemampuan membayar, dan kesediaan membayar tarif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarif berdasarkan BOK adalah sebesar Rp5.966,8 per perjalanan. Sementara itu, nilai ATP rata-rata penumpang hanya mencapai Rp3.650,00 dan WTP sebesar Rp3.702,00 per perjalanan. Hasil ini menunjukkan adanya kesenjangan antara biaya operasional dan kemampuan serta kesediaan membayar masyarakat pengguna. Karakteristik pengguna Bus Listrik Trans Jogja didominasi oleh captive riders, yaitu kelompok pengguna yang bergantung pada transportasi umum karena keterbatasan ekonomi dan minimnya alternatif moda transportasi lain. Mereka sangat sensitif terhadap perubahan tarif dan menggunakan bus karena keterpaksaan kebutuhan mobilitas harian. Oleh karena itu, untuk menarik choice riders (pengguna potensial dengan alternatif moda lain), diperlukan peningkatan kualitas layanan seperti penambahan armada, kenyamanan, keamanan, serta efisiensi waktu tempuh. Sementara itu, untuk mempertahankan captive riders, tarif yang terjangkau dan ketersediaan layanan yang merata harus tetap dijaga agar transportasi publik ini dapat terus diandalkan oleh seluruh lapisan masyarakat pengguna.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email nadya.setya.rahayu.ts21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:53
Last Modified: 28 Jul 2025 02:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29252

Actions (login required)

View Item
View Item