RANCANG BANGUN SISTEM LAYANAN PELAPORAN WARGA DENGAN ANALISIS SENTIMEN LAPORAN BERBASIS WEB

2107411011, Larasati Maharani (2025) RANCANG BANGUN SISTEM LAYANAN PELAPORAN WARGA DENGAN ANALISIS SENTIMEN LAPORAN BERBASIS WEB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Bab I Pendahuluan, dan Bab V Penutup] Text (Halaman Identitas Skripsi, Bab I Pendahuluan, dan Bab V Penutup)
2107411011_LarasatiMaharani_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metode Penelitian, dan Bab IV Hasil dan Pembahasan] Text (Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metode Penelitian, dan Bab IV Hasil dan Pembahasan)
2107411011_LarasatiMaharani_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (9MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
2107411011_Larasati Maharani_Manuskrip Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB)

Abstrak

Pertumbuhan penduduk Indonesia yang pesat memicu meningkatnya kebutuhan akan sistem layanan masyarakat yang efisien, termasuk dalam pengelolaan laporan warga. Di RW 015 Kelurahan Bahagia, Bekasi, dengan total 3.872 jiwa dari 968 kepala keluarga, proses pelaporan warga masih dilakukan secara manual dan belum terdokumentasi dengan baik, sehingga menyulitkan pengelolaan laporan dan penanganan laporan berdasarkan tingkat urgensinya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem layanan pelaporan warga berbasis web dengan klasifikasi sentimen otomatis menggunakan model Bidirectional Long Short-Term Memory (Bi-LSTM). Model Bi-LSTM dipilih karena kemampuannya dalam memahami konteks teks secara lebih akurat melalui pemrosesan dua arah. Proses pengembangan sistem meliputi tahap data preprocessing, pelatihan model, dan integrasi ke dalam platform web. Evaluasi model dilakukan melalui pengujian kombinasi hyperparameter, yang menghasilkan akurasi sebesar 97,08%. Selain itu, pengujian sistem menggunakan metode black-box testing, User Acceptance Test (UAT), System Usability Scale (SUS), dan Net Promoter Score (NPS) menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan skor SUS sebesar 88,61 dan NPS sebesar 77,78%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem ini tidak hanya akurat secara teknis, tetapi juga diterima dengan baik oleh pengguna utama sebagai solusi pengelolaan laporan warga.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Larasati Maharani
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:20
Last Modified: 23 Jul 2025 02:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item
View Item