PERENCANAAN PERKERASAN KAKU MAINROAD DEPO PT. WINGS LANGSA MENGGUNAKAN METODE MDPJ 2024

2101411015, Edwin Nugroho (2025) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU MAINROAD DEPO PT. WINGS LANGSA MENGGUNAKAN METODE MDPJ 2024. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I dan Bab V] Text (Judul, Bab I dan Bab V)
EDWIN NUGROHO_PERENCANAAN PERKERASAN KAKU MAINROAD DEPO PT. WINGS LANGSA MENGGUNAKAN METODE MDPJ 2024 FILE 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak_Bab II - Bab IV, Lampiran] Text (Abstrak_Bab II - Bab IV, Lampiran)
EDWIN NUGROHO_PERENCANAAN PERKERASAN KAKU MAINROAD DEPO PT. WINGS LANGSA MENGGUNAKAN METODE MDPJ 2024 FILE 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (34MB)

Abstrak

Kualitas infrastruktur jalan di kawasan industri memainkan peran penting dalam mendukung distribusi dan operasional yang efisien. Aktivitas kendaraan berat yang intensif menuntut struktur perkerasan yang mampu menahan beban besar dalam jangka panjang. Jalan utama di kawasan pergudangan umumnya dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi dan berkecepatan rendah secara rutin, sehingga memerlukan perencanaan perkerasan yang andal dan tahan lama. Studi ini bertujuan untuk merancang tebal perkerasan kaku pada jalan utama depo pergudangan PT. Wings Langsa, Aceh, berdasarkan lalu lintas harian rata-rata dan kondisi tanah dasar, dengan mengacu pada Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ 2024). Analisis mencakup perhitungan Jumlah Sumbu Komersial Harian (JSKN), evaluasi daya dukung tanah dasar menggunakan nilai CBR, serta desain struktur perkerasan dengan mempertimbangkan faktor kelelahan dan erosi. Dengan tebal pelat beton 260 mm, hasil analisis menunjukkan bahwa nilai faktor fatigue sebesar 7,44% dan faktor erosi sebesar 90,91%, keduanya memenuhi batas persyaratan <100%. Hal ini mengindikasikan bahwa desain tersebut aman secara struktural terhadap kelelahan maupun erosi. Struktur perkerasan menggunakan jenis JRCP, diperkuat dengan wire mesh 10-150x150 mm, dowel P38-300 mm (panjang 450 mm), dan tie bar S16-600 mm (panjang 700 mm). Estimasi biaya pekerjaan perkerasan sebesar Rp5.484.657.000,00 berdasarkan harga satuan lokal dengan metode concrete paver. Gambar teknis juga disiapkan sebagai pedoman pelaksanaan di lapangan. Studi ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam perencanaan perkerasan jalan industri yang andal dan ekonomis.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Edwin Nugroho
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:44
Last Modified: 23 Jul 2025 03:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28974

Actions (login required)

View Item
View Item