PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK MEDIA EDUKASI DEKLARASI IMPOR KAYU MELALUI “SILK” DI KEMENTERIAN KEHUTANAN

21074310, Nadhir Syadwan (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK MEDIA EDUKASI DEKLARASI IMPOR KAYU MELALUI “SILK” DI KEMENTERIAN KEHUTANAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas_2107431059_Nadhir Syadwan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV] Text (BAB II - BAB IV)
Halaman Isi_2107431059_Nadhir Syadwan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah_Nadhir Syadwan] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah_Nadhir Syadwan)
Jurnal_2107431053_Nadhir Syadwan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (280kB)

Abstrak

Sistem Informasi Legalitas dan Kelestarian (SILK) merupakan platform digital milik Kementerian Kehutanan yang berfungsi sebagai sarana pengajuan dokumen legalitas kayu bagi pelaku usaha. Namun, proses registrasi, pembuatan uji tuntas, hingga deklarasi impor masih dianggap kompleks oleh banyak pengguna, khususnya calon importir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media edukasi berupa animasi 2D guna mempermudah pemahaman terhadap prosedur penggunaan SILK. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Animasi dibuat menggunakan Blender untuk pembuatan karakter dan gerakan, serta Adobe Premiere Pro untuk proses penyuntingan akhir. Produk akhir berupa empat video animasi tutorial yang menjelaskan langkah-langkah penggunaan SILK secara visual dan naratif. Hasil evaluasi melalui uji alpha dan beta menunjukkan bahwa animasi 2D ini dinilai informatif dan menarik. Rata-rata indeks kepuasan pengguna pada pengujian beta berada di rentang 84%–93%, yang termasuk dalam kategori sangat setuju. Dengan demikian, animasi 2D terbukti dapat menjadi media pendukung edukatif yang mampu menyederhanakan penyampaian informasi prosedural secara efisien.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Nadhir Syadwan
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:11
Last Modified: 22 Jul 2025 08:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28860

Actions (login required)

View Item
View Item