RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI VIDEO GAME UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HYBRID FILTERING

2107411056, Ronaldo Nasanius (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI VIDEO GAME UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HYBRID FILTERING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi rekomendasi video game untuk anak-anak berbasis web menggunakan metode Hybrid Filtering. Permasalahan yang diangkat berfokus pada kebutuhan orang tua dalam menemukan game yang sesuai dengan usia dan preferensi anak-anak, khususnya anak usia 6–10 tahun. Metode Hybrid Filtering yang digunakan merupakan kombinasi dari Content-Based Filtering dengan SBERT dan cosine similarity, serta Collaborative Filtering dengan algoritma SVD++. Dataset yang digunakan mencakup metadata game dengan rating “Everyone” dari ESRB dan data interaksi pengguna. Evaluasi dilakukan menggunakan metrik Precision, Recall, dan F1-Score, serta melalui pengujian Black Box, UAT, SUS, dan NPS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi memiliki performa yang baik dengan F1-score tertinggi mencapai 0.7670. Selain itu, nilai SUS sebesar 78.33 menandakan tingkat kegunaan sistem berada pada kategori “Good”, dan nilai NPS sebesar 33.3% menunjukkan bahwa sistem berpotensi direkomendasikan oleh pengguna. Sistem yang dikembangkan berhasil diimplementasikan dalam aplikasi web MainAman yang menyediakan fitur pencarian rekomendasi, input preferensi, penyimpanan koleksi, pemberian rating, serta detail informasi game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini layak digunakan dan dapat membantu orang tua dalam memilih game untuk anak-anak mereka.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Ronaldo Nasanius
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:35
Last Modified: 22 Jul 2025 08:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item
View Item