Perancangan Ulang Identitas Visual Brand TeppanKui untuk Meningkatkan Citra Merek

Likumahwa, Marsha Fritanya (2025) Perancangan Ulang Identitas Visual Brand TeppanKui untuk Meningkatkan Citra Merek. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1 & BAB 5] Text (BAB 1 & BAB 5)
BAB 1 & BAB 5_DG8C_Marsha Fritanya Likumahwa.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4] Text (BAB 2 - BAB 4)
BAB 2 - BAB 4_DG8C_Marsha Fritanya Likumahwa.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (22MB)

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian negara Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah pelaku UMKM, daya saing antar kompetitor semakin ketat. Salah satunya merupakan UMKM kuliner bernama TeppanKui yang menyajikan makanan Jepang dengan konsep teppanyaki. Untuk menghadapi pesaing, TeppanKui membutuhkan pemasaran yang baik dengan cara meningkatkan citra merek melalui branding. Namun, saat ini logo yang digunakan TeppanKui telah dibuat menggunakan Artificial Intelligence (AI) sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kendala dalam hak cipta. Berdasarkan itu, TeppanKui membutuhkan perancangan ulang identitas visual yang dibuat secara orisinal serta menerapkannya pada Graphic Standard Manual (GSM) agar terdapat ketentuan penggunaan identitas visual secara baik dan benar saat diaplikasikan pada media pendukung. Proses desain dirancang menggunakan metode design thinking yang merupakan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode mixed-method yaitu kualitatif serta kuantitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi literatur, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini berupa identitas visual yang ilustratif dan modern dengan unsur Japanese oriental sebagai aksen. Logo terbentuk dari tiga kata kunci yang dihasilkan dari mind map yaitu mon untuk merepresentasikan usaha keluarga, hinomaru untuk menggambarkan kuliner Jepang, dan kontras yang digunakan pada warna. Dari hasil testing yang dilakukan menggunakan metode wawancara, identitas visual TeppanKui sudah sesuai dengan harapan pemilik TeppanKui dan dapat diterima dengan baik oleh target audiens. Perancangan ulang identitas visual ini diharapkan dapat meningkatkan citra merek TeppanKui dengan logo yang orisinil agar tidak terkena kendala hak cipta.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email marsha.fritanya.likumahwa.tgp21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:58
Last Modified: 22 Jul 2025 03:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28749

Actions (login required)

View Item
View Item