2106421105, Ahnaf Aufa Arditya (2025) PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI OFFLINE EVENT BRAND SIRE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB 1 Pendahuluan]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir Halaman Identitas _Ahnaf Aufa Arditya_DG8D.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab 2 Landasan Perancangan]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir Isi_Ahnaf Aufa Arditya_DG8D.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Industri alas kaki di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, Karena banyaknya merek lokal dan internasional yang menawarkan berbagai varian sandal, membuat pelaku usaha harus memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk menonjol di pasar. Hal tersebut mendorong brand lokal seperti SIRE untuk memperkuat strategi komunikasi visualnya guna memperluas jangkauan pasar, khususnya mereka yang masih mengutamakan pengalaman langsung dalam proses pembelian. Upaya yang dilakukan adalah dengan berpartisipasi di berbagai event, salah satunya BCF (Banten Creative Fest). Namun, hingga saat ini, SIRE belum memiliki media marketing collateral yang dapat digunakan dalam event tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang marketing collateral serta media turunannya sebagai media promosi yang mampu merepresentasikan identitas brand SIRE secara kuat dan relevan dengan target audiens. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, serta kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dan dikembangkan melalui tahapan brainstorming, dari pembuatan mind mapping, moodboard, sketsa manual dan digital, hingga menghasilkan desain akhir (final artwork). Kata kunci yang diidentifikasi dari hasil mind mapping adalah minimalis, awan, dan manik, yang menjadi dasar dalam membentuk karakter visual brand SIRE dapat menjadi dasar dalam membentuk karakter visual brand SIRE dan dibuat dengan gaya desain minimalis. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan strategi desain visual yang tepat dapat menjadi kunci dalam membangun identitas brand yang kuat dan menarik perhatian audiens.
Kata kunci: marketing collateral, alas kaki, brand lokal, brand awareness.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar 700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Ahnaf Aufa Arditya |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:15 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28741 |