PENGEMBANGAN ANIMASI 2.5D 4 KATA AJAIB MENGGUNAKAN TEKNIK TWEENING

2107431028, Rizka Meylia Kartika (2025) PENGEMBANGAN ANIMASI 2.5D 4 KATA AJAIB MENGGUNAKAN TEKNIK TWEENING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of 2107431028_RIZKA MEYLIA KARTIKA_LAPORAN SKRIPSI_BAB1_BAB5.pdf] Text
2107431028_RIZKA MEYLIA KARTIKA_LAPORAN SKRIPSI_BAB1_BAB5.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
2107431028_RIZKA MEYLIA KARTIKA_LAPORAN SKRIPSI_BAB2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
2107431028_Rizka Meylia Kartika_JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (829kB)

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan aspek penting yang harus diterapkan sejak usia dini, diantaranya melalui penerapan empat kata ajaib: maaf, tolong, terima kasih, dan permisi. Penerapan tersebut penting untuk meningkatkan sikap saling menghargai, kerja sama, dan toleransi di kalangan siswa. Namun, proses pembelajaran karakter sering menghadapi tantangan, yaitu siswa yang kurang fokus jika hanya belajar secara konvensional. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif, inovatif, dan menarik berupa animasi 2.5D mengenai empat kata ajaib untuk siswa TK Sumber Harapan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil pengembangannya berupa tiga video animasi 2.5D, yaitu “Saat Datang”, “Saat di Kelas”, dan “Saat Makan Bersama”, masing-masing berdurasi sekitar 2 menit. Berdasarkan hasil beta testing mengenai aspek nilai dan karakter memperoleh, aspek visual, aspek alur dan penyajian mendapatkan nilai presentase 100% dan aspek penggunaan mendapat presentase 82,5%. Diperkuat oleh hasil observasi, lebih dari 80% siswa tampak lebih fokus dan antusias saat belajar menggunakan animasi ini. Dengan demikian, animasi 2.5D “4 Kata Ajaib” dapat membantu meningkatkan fokus anak dalam mengikuti pembelajaran serta mendorong mereka untuk lebih aktif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Rizka Meylia Kartika
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:29
Last Modified: 22 Jul 2025 04:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28723

Actions (login required)

View Item
View Item