PERANCANGAN BUKU KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI ARNEA’S KITCHEN

2106421083, Nurul Izzah (2025) PERANCANGAN BUKU KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI ARNEA’S KITCHEN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi (Bab 1 & 5).pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
bab 2-4_compressed.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Terdapat sekitar 8,2 juta usaha kreatif di Indonesia dengan kuliner sebagai salah satu dari tiga sektor dominan. Pertumbuhan ini tidak terlepas dari kontribusi UMKM yang semakin meningkat setiap tahunnya. Meskipun memiliki kontribusi besar, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan antar UMKM. Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah penggunaan katalog sebagai media promosi. Arnea’s Kitchen merupakan salah satu UMKM di bidang kuliner yang berfokus pada aneka jajanan pasar Indonesia yang saat ini memiliki media promosi berupa katalog. Namun katalog tersebut belum terpadu, terpisah-pisah dan tidak lengkap, sehingga konsumen kesulitan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini menghambat proses transaksi dan menurunkan efisiensi layanan, karena penjual harus mencari rincian harga atau detail produk secara manual. Oleh karena itu, perancangan buku katalog yang sistematis dan terstruktur menjadi langkah strategis bagi Arnea’s Kitchen. Dalam perancangan buku katalog ini, digunakan metode penelitian kualitatif untuk memperoleh data dan informasi yang akurat dan relevan, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Data yang diperoleh kemudian diakumulasi dan dilakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) guna merumuskan arahan kreatif. Tahapan perancangan buku katalog dimulai dari perumusan konsep visual melalui proses brainstorming berupa mind map dan moodboard, yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa manual dan kemudian didigitalisasi menjadi desain komprehensif. Hasil akhir perancangan ini berupa desain buku katalog dengan fotografi premium, tipografi serif, sans serif, dan script, ilustrasi line art tumbuhan, layout clean dan asimetris, warna dominan broken white, dengan aksen hijau, kuning, cokelat, dan merah bernuansa pastel, media pendukung berupa poster, Instagram feeds dan story, serta business card. Desain buku katalog ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas promosi dan mempermudah akses informasi produk yang dapat mempresentasikan produknya yang segar dan profesional.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: D4 Nurul Izzah
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:47
Last Modified: 22 Jul 2025 02:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28706

Actions (login required)

View Item
View Item