PERANCANGAN KEMASAN HIMEKU BAGS UNTUK MEMUNCULKAN CITRA MEREK

2106421040, Fitania Rachma Setyaning (2025) PERANCANGAN KEMASAN HIMEKU BAGS UNTUK MEMUNCULKAN CITRA MEREK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas_Fitania Rachma Setyaning.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi (Bab 2 s.d Bab 4)_Fitania Rachma Setyaning.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Seiring berkembangnya zaman, sistem pendidikan di Indonesia terus mengalami dinamika yang
berdampak pada meningkatnya jumlah pelajar dan permintaan tas sekolah. Kondisi ini memicu
persaingan ketat di industri tas, baik dari merek lokal maupun impor. Hal ini menunjukkan bahwa
industri tas lokal Indonesia perlu beradaptasi dengan persaingan pasar dan preferensi konsumen
untuk menciptakan peluang yang ada untuk memenangkan produknya. Persaingan inilah yang
membuat sebuah bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar produknya dapat dikenal
dan memiliki arti bagi konsumennya. Di tengah persaingan tersebut, Himeku Bags menghadapi
tantangan dalam membangun citra merek untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.
Tujuan penelitian ini untuk merancang desain kemasan yang mampu membangun citra Himeku
Bags sebagai merek tas sekolah yang playful dan kekinian melalui visual grafis yang menarik.
Proses perancangan ini menggunakan metode desain kemasan yang mencakup tahap discovery,
creation, refinement, implementation, dan production. Penelitian ini memakai metode mix method
dengan teknik wawancara, studi literatur, dan observasi sebagai data kualitatif, serta survei
menggunakan kuesioner sebagai data kuantitatif yang dianalisis menggunakan SWOT untuk
merumuskan strategi desain kemasan Himeku Bags. Berdasarkan hasil data, Himeku Bags
membutuhkan desain kemasan yang mampu membangun citra merek dengan gaya yang cute,
playful, youthful, dan trendy. Kata kunci tersebut dikembangkan melalui mindmap menjadi konsep
visual "Trend-Pop" dengan elemen visual berupa campuran warna pastel dan pop, layout dinamis,
tipografi dekoratif, ilustrasi remaja, tas, dan ornament grafis bergaya flat design. Konsep ini
diwujudkan melalui sketsa, digitalisasi, hingga prototipe kemasan. Perancangan kemasan ini
diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta menjadi identitas, daya tarik, dan pembeda Himeku
Bags dengan competitor, serta mempermudah konsumen untuk mengenal Himeku Bags dan
mendapatkan pengalaman pembelian yang lebih seru.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Fitania Rachma Setyaning
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:28
Last Modified: 22 Jul 2025 03:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28590

Actions (login required)

View Item
View Item