PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF POP-UP SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS 11

Shufiyana, Arina (2025) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF POP-UP SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS 11. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Pembukaan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas Skripsi, Pembukaan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5))
1,5-ARINA S_LAPORAN TA DG_PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF POP-UP SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS 11_3.0_1315.250721.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
2-4_ARINA S_PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF POP-UP SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS 11_3.0_1315.250721.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Media pembelajaran dengan pendekatan visual merupakan suatu terobosan menarik dalam metode pembelajaran non konvensional. Buku pelajaran sering kali kurang menarik bagi para siswa, sehingga diperlukan media pendukung yang menarik perhatian siswa. Pembelajaran sekolah, khususnya materi biologi untuk SMA memiliki tantangan utama dalam memahami materinya. Penyajian visual dalam pelajaran biologi dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, sehingga diperlukan desain yang mampu menyajikan informasi secara jelas, menarik, dan interaktif. Melalui buku interaktif, diharapkan siswa dapat lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pendekatan desain yang menggabungkan elemen ilustrasi dan mekanisme interaktif sebagai elemen pendukung diperlukan untuk merancang buku interaktif guna mengaplikasikan materi pembelajaran di sekolah secara visual dengan cara yang menyenangkan di kelas 11. Proses perancangan buku ini mencakup eksplorasi konsep visual, ilustrasi, dan materi ajar yang interaktif. Riset desain yang digunakan pada perancangan ini adalah proses eksplorasi visual seperti mindmapping, moodboard, sketsa dan digitalisasi, serta pengaplikasiannya dengan pengujian desain buku interaktif biologi sebagai alat bantu ajar di kelas. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif deskriptif.

Kata kunci: Buku interaktif, Ilustrasi, Media Pembelajaran.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
500 – Ilmu Pengetahuan > 570 Biologi > 570 Biologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 611 Anatomi manusia, biologi sel, biologi jaringan
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Arina Shufiyana
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:32
Last Modified: 21 Jul 2025 09:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item
View Item