PEMBUATAN ASET DAN ANIMASI 2D UNTUK GAME EDUKASI MODUL P5: GAYA HIDUP BERKELANJUTAN BAGI SISWA KELAS 5 SD

2107431049, Geral Azhari (2025) PEMBUATAN ASET DAN ANIMASI 2D UNTUK GAME EDUKASI MODUL P5: GAYA HIDUP BERKELANJUTAN BAGI SISWA KELAS 5 SD. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d. Bab4] Text (Isi Bab 2 s.d. Bab4)
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip artikel ilmiah (jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (409kB)

Abstrak

Kerusakan lingkungan dan perubahan iklim merupakan isu global yang memerlukan perhatian sejak usia dini. Untuk menanamkan nilai–nilai pelestarian lingkungan kepada siswa sekolah dasar, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aset serta animasi 2D untuk game edukasi bertema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam modul P5 bagi siswa kelas 5 SDN 04 Ciangsana. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther–Sutopo dengan enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara, serta kuesioner skala Guttman dan Likert. Hasil alpha testing menunjukkan bahwa aset dan animasi 2D berhasil diimplementasikan secara teknis di Unity tanpa kendala. Pada beta testing, ahli media dan wali kelas memberikan penilaian Sangat Setuju pada skala Likert, sementara siswa mencatat indeks persentase 88%–100% pada skala Likert dan 93,23% pada skala Guttman, yang termasuk kategori Sangat Valid. Temuan ini menunjukkan bahwa visualisasi dan animasi 2D yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan daya tarik, interaktivitas, dan membantu menyampaikan informasi terkait materi modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan. Oleh karena itu, aset dan animasi 2D yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung implementasi modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan fase C.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Geral Azhari
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:30
Last Modified: 21 Jul 2025 07:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28509

Actions (login required)

View Item
View Item