PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL LOGO BRAND LOOKHEY SEBAGAI MEDIA BRANDING

2106421021, Cut Salma (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL LOGO BRAND LOOKHEY SEBAGAI MEDIA BRANDING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
Bab 1&5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab Isi] Text (Bab Isi)
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Dalam industri fashion, bahan jersey dikenal sebagai material utama untuk pakaian olahraga seperti kaos sepak bola, basket, dan e-sport. Brand Lookhey satu di antara brand baru yang hadir dengan konsep yang inovatif dalam bahan jersey. Lookhey merupakan brand fashion yang berfokus pada pembuatan pakaian berbahan jersey yang tidak hanya nyaman digunakan untuk olahraga, tetapi juga cocok untuk berbagai aktivitas sehari-hari seperti bermain, pergi dan hangout. Namun, sebagai brand baru, Lookhey membutuhkan identitas visual yang kuat agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Identitas visual bukan sekadar logo, tetapi juga mencakup warna, tipografi, dan elemen desain yang membentuk karakter brand. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan identitas visual. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan survei yang menggunakan pendekatan design thinking seperti define, ideate, prototype, dan test. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT, dan hasil perolehan data tersebut akan mendapatkan creative brief yang berisi hal untuk membantu proses perancangan. Tahapan desain dilakukkan berdasarkan creative brief melalui mindmapping dan mood board, yang akan menjadi acuan dalam pembuatan sketsa kasar. Dari sketsa kasar kemudian lanjut ke tahap desain komprehensif yang menghasilkan lima desain terpilih beserta tahapan penerapan pada turunan visualnya. Langkah selanjutnya, melakukan testing yang sudah mendapatkan hasil bahwa perancangan identitas visual Brand Lookhey sudah sesuai. Brand Lookhey memiliki tone and manner yang bersifat casual dan simple. Berdasarkan mind mapping, gaya desain yang digunakan dalam perancangan key visual mengusung konsep line art yang clean, netral, dingin, dan casual dengan elemen utama mata, kucing, dan tangan melambai. Serta tipografi sans serif “Poppins”. Identitas Visual ini menggunakan warna dingin (yaitu hijau dan biru) dan netral (abu-abu, hitam, dan putih). Identitas Visual ini juga menggunakan supergrafis pattern bentuk organik dan ilustrasi line art. Melalui panduan identitas visual (GSM) dan penerapan pada media seperti Instagram, Shopee, dan TikTok, Lookhey menyampaikan pesan brand secara konsisten guna membangun brand awareness dan memperluas segmentasi pasar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Cut Salma
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:25
Last Modified: 21 Jul 2025 03:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item
View Item