2107431027, Faiz Firdaus (2025) PEMBUATAN ASET VISUAL DAN ANIMASI APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN FITUR AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN LOGIKA MATEMATIKA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431027_Faiz Firdaus_Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431027_Faiz Firdaus_Isi (Bab 2 s.d 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
![[thumbnail of Artikel Jurnal]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431027_Faiz Firdaus (Artikel Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (733kB)
Abstrak
Pendidikan anak usia dini merupakan tahap penting dalam membentuk dasar kemampuan berpikir dan pola belajar anak. Di TK Negeri Penggilingan, media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, seperti buku cerita, sehingga anak cepat bosan dan mudah kehilangan fokus. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, ditemukan bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran logika matematika masih konvensional dan membuat siswa cepat bosan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk pembuatan aset aplikasi multimedia interaktif dengan fitur Augmented Reality (AR) sebagai alat bantu pembelajaran logika matematika yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aset yang dikembangkan meliputi video animasi, dan antarmuka pengguna (UI). Pengujian dilakukan melalui alpha dan beta testing dengan melibatkan guru, ahli media, ahli animasi, dan ahli materi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aset yang dikembangkan layak digunakan, dengan tingkat penerimaan pada aspek visual grafis sebesar 78,3% dan video animasi 81,6%. Temuan ini menunjukan bahwa aset berhasil dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Faiz Firdaus |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:56 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 02:56 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28448 |