PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL UNTUK KAMPUNG MAIN CIPULIR SEBAGAI MEDIA PROMOSI

2106421049, Muhammad Zidan (2025) PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL UNTUK KAMPUNG MAIN CIPULIR SEBAGAI MEDIA PROMOSI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
BAB 1&5 Laporan TA_Muhammad Zidan.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV] Text (BAB II - BAB IV)
BAB 2-4 Laporan TA_Muhammad Zidan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (32MB)

Abstrak

Industri pariwisata Indonesia menunjukkan pemulihan signifikan pasca pandemi Covid-19, dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke berbagai objek wisata. Namun, masyarakat DKI Jakarta lebih banyak melakukan perjalanan ke luar kota dibandingkan memanfaatkan taman rekreasi dalam kota, meskipun tersedia lebih dari 130 taman wisata. Salah satu penyebab utamanya adalah lemahnya strategi pemasaran taman wisata lokal. Kampung Main Cipulir (KMC) merupakan salah satu taman rekreasi di Jakarta yang menghadapi tantangan serupa. Sejak dibuka pada 2011, KMC menghadapi tantangan dalam promosi karena masih mengandalkan metode word of mouth yang kurang efektif. Maka penelitian ini bertujuan untuk merancang marketing collateral sebagai media promosi KMC untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berkunjung. Metode penelitian ini menggunakan design thinking. Tahap emphatize merupakan langkah pertama mengumpulkan data campuran melalui wawancara, survei, observasi dan studi literatur. Kemudian hasilnya di identifikasi pada tahap define untuk mengetahui permasalahan KMC yang dikembangkan menjadi ide melalui proses ideate serta di implementasikan melalui desain dan hasil cetak berupa prototype. Pada tahap akhir, maka dikembangkan kembali setelah melakukan hasi testing untuk menguji keberhasilan dan efektivitas dari desain yang telah dibuat untuk mendapatkan insight agar hasilnya sempurna. Hasil perancangan yang dibuat berupa brosur, poster, spanduk, sosial media dan media pendukung lainnya dengan kesan visual yang playful, cheerful, dan imajinatif dengan menampilkan suasana dari kegiatan dan aktivitas dari KMC sebagai tempat destinasi untuk keluarga dan kelompok. Perancangan ini diharapkan mampu memperbaiki komunikasi antara KMC dan masyarakat sebagai alternatif destinasi yang menyenangkan di tengah kota Jakarta.

Kata Kunci : Design Thinking, Kampung Main Cipulir, Marketing Collateral, Media Promosi, Taman Wisata

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: MUHAMMAD ZIDAN
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:00
Last Modified: 21 Jul 2025 06:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28354

Actions (login required)

View Item
View Item