Aprilia, Vina (2025) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BOX FAMILY SEMPRONG SEBAGAI MEDIA BRANDING SNACK TRADISIONAL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf
Download (11MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
Abstrak
Produk oleh-oleh tradisional yang dijual UMKM saat ini masih banyak menggunakan kemasan yang kurang memadai, sehingga daya saing produk dalam pemasaran menjadi rendah. Hal ini membuat pelaku UMKM untuk terus berinovasi, salah satu cara untuk berinovasi yaitu melalui desain kemasan produk. Kemasan yang menarik dan berkualitas tinggi dapat membedakan ciri khas produk dari pesaing sehingga dapat menarik perhatian konsumen. UMKM Family Semprong menjual kue semprong di Pontianak, Kalimantan Barat. Family Semprong ingin menjual produknya di pasar snack tradisional yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Kemasan yang digunakan saat ini hanya dengan toples bulat
sebagai kemasan primer dengan tambahan logo Family Semprong. Kemasan Family Semprong saat ini kurang menarik sebagai kemasan oleh-oleh maupun untuk penjualan di market atau swalayan, karena belum memiliki ciri khas
menonjol yang dapat membangun daya ingat konsumen dan membedakan dari kompetitor. Pada penelitian sebelumnya, kemasan makanan untuk oleh-oleh yang ada masih memiliki kelemahan dalam aspek visual, inovasi, dan penonjolan ciri
khas produk, sehingga desain kemasan tidak dapat meningkatkan nilai produk dan daya saing di pasar. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi perancangan berupa desain kemasan box yang memiliki inovasi, dapat membedakan produk dari kompetitor, mampu merepresentasikan karakter tradisional Indonesia khususnya daerah Pontianak, Kalimantan Barat yang menjadi kekuatan utama produknya,
serta memenuhi fungsi sebagai oleh-oleh. Sehingga dari perancangan tersebut dapat dihasilkan desain kemasan box yang menarik dengan menunjukkan ciri khas dari daerah Pontianak, Kalimantan Barat, kemasan yang fungsional, dan
kompetitif di pasar snack tradisional. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan desain kemasan ini adalah kombinasi kualitatif dan kuantitatif (mix-method) dengan menerapkan pendekatan design thinking. Teori ini juga
membahas berbagai aspek terkait kemasan, termasuk pengertian, desain, fungsi, jenis-jenis kemasan, prinsip-prinsip desain, elemen-elemen visual, serta struktur dan proses perancangannya.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Vina Aprilia |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28281 |