Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Siklus Air Untuk Siswa kelas 4 di SDN Jatibening Baru II

2007431025, Zahrah Ajeng Budiastuti (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Siklus Air Untuk Siswa kelas 4 di SDN Jatibening Baru II. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Identitas Skripsi , Bab I dan Bab V] Text (Judul, Identitas Skripsi , Bab I dan Bab V)
(Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5)).pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
(Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan).PDF
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (19MB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi dengan format Jurnal Multinetik] Text (Jurnal Skripsi dengan format Jurnal Multinetik)
Jurnal Multinetik.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (731kB)

Abstrak

Siklus air merupakan konsep penting dalam ilmu pengetahuan alam yang menjelaskan proses sirkulasi air di bumi melalui tahapan evaporasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi. Namun, penyampaian materi ini sering kali masih bersifat teoritis dan kurang menarik bagi siswa. Media pembelajaran interaktif dinilai efektif dalam menunjang proses pembelajaran karena media edukasi ini bertujuan agar siswa dapat memiliki gambaran yang lebih jelas bagaimana proses Siklus Air. Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran berbasis komputer yang merupakan salah satu implementasi kemajuan teknologi informasi dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran merupakan hal yang penting sebagai sarana penunjang pembelajaranPenelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa untuk dalam mempelajari materi siklus air. Metode penelitian yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle dengan pendekatan Campuran Kualitatif dan Kuantitatif (Mixed-Method Research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, metode kuisioner dan metode wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif dengan format .exe. Berdasarkan hasil beta testing dari pengguna sebesar 90% menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif materi siklus air sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Zahrah Ajeng Budiastuti
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:31
Last Modified: 21 Jul 2025 02:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28276

Actions (login required)

View Item
View Item