2203321003, Dwi Rahma Anindiya (2025) MODUL LATIH SISTEM PENGEREMAN STATIS DAN DINAMIS MOTOR BLDC. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (Halaman Identitas)
            
              
Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Bab 2 s.d. Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (Bab 2 s.d. Bab 4)
            
              
Text (Bab 2 s.d. Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of Makalah Ilmiah]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (Makalah Ilmiah)
            
              
Text (Makalah Ilmiah)
jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (471kB) | Request a copy
Abstrak
Modul latih sistem pengeremam statis dirancang untuk mempermudah pengguna dalam 
mempraktikan metode pengereman pada motor listrik dan menambah wawasan pengguna 
mengenai prinsip dasar pengereman statis. Pengereman statis adalah metode pengereman 
dengan memutus daya pada stator dan menyalurkan energi kinetik dari rotor yang masih 
berputar untuk dikonversi menjadi energi listrik atau  panas. Kondisi ini membuat motor 
BLDC dapat bekerja layaknya generator, karena saat daya listrik terputus maka motor 
akan terus berputar karena adanya inersia, dan saat dihubungkan dengan beban maka 
motor akan menghasilkan energi listrik. Pengguna dapat menghubungkan setiap 
komponen  pengereman dengan mudah menggunakan kabel babana to babana dan memilih 
metode pengereman pada layar LCD Nextion untuk mempraktikannya. Selain itu, 
pengguna dapat mengubah varibel beban pada motor BLDC untuk mengamati bagaimana 
pengaruh beban terhadap pengereman statis. Data dari sensor yang dipasang untuk 
mendeteksi perubahan arus, tegangan, kecepatan motor, waktu pengereman akan 
ditampilkan di layar LCD Nextion agar mudah dilihat oleh pengguna. Berdasarkan hasil 
pengujian pengereman statis  dengan tiga variasi beban mekanik yaitu 10 kg, 20 kg dan 30 
kg serta enam variasi nilai reistor beban yang berbeda. Pengereman statis menghasilkan 
penurunan energi kinetik ketika motor menglami deselerasi sebaliknya energi listrik 
meningkat bersamaan seiring waktu pengereman berlangsung. Respond ini terlihat sangat 
jelas ketika pengujian dilakukan dengan menggunakan kapasitor yang tidak dihubungkan 
dengan resistor beban.
| Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) | 
|---|---|
| Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi | 
| Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3 | 
| User ID Pengunggah: | Dwi Rahma Anindiya | 
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:20 | 
| Last Modified: | 23 Jul 2025 03:20 | 
| URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28223 | 

