ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BERULANG MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN TRANSAKSI CASHLESS PADA APLIKASI SHOPEEPAY

4417040054, Andre Prayudha (2021) ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BERULANG MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN TRANSAKSI CASHLESS PADA APLIKASI SHOPEEPAY. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Dokumen Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4 Isi Skripsi] Text (Bab 2 s/d Bab 4 Isi Skripsi)
Bab 2 s.d Bab 4 Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (465kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan transaksi cashless pada aplikasi ShopeePay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan persamaan uji asumsi klasik untuk mendapatkan model estimasi linier yang tidak bias. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah untuk usia 17 tahun keatas yang berdomisili di Jakarta Selatan dan total sampel dalam penelitian berjumlah 220 responden dengan kriteria pengguna aktif ShopeePay. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara mandiri atau parsial, faktor kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat masyarakat untuk menggunakan transaksi cashless pada aplikasi ShopeePay tetapi terdapat indikator yang mendapat nilai rendah, hal ini terjadi karena responden merasakan adanya kendala saat melakukan proses transaksi menggunakan ShopeePay. Faktor keamanan juga menjadi faktor yang berpengaruh positif signifikan terhadap minat masyarakat untuk menggunakan transaksi cashless pada aplikasi ShopeePay tetapi terdapat indikator yang mendapat nilai rendah, hal ini terjadi karena responden masih merasa khawatir memberikan informasi pribadi saat pendaftaran untuk menggunakan ShopeePay. Faktor kemudahan dan faktor keamanan secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat untuk menggunakan transaksi cashless pada aplikasi ShopeePay 56,3%, sedangkan sisanya 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Andre Prayudha
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:48
Last Modified: 14 Sep 2021 02:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item
View Item