Perancangan Media Promosi Event “Mendidik, Bukan Mendadak” PT PFI Mega Life Insurance sebagai Alat Pemasaran Berbasis Storytelling

2106421003, Dayanah Zahira (2025) Perancangan Media Promosi Event “Mendidik, Bukan Mendadak” PT PFI Mega Life Insurance sebagai Alat Pemasaran Berbasis Storytelling. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Text (Judul Pendahuluan, Bab I, Bab V, dan Penutup).pdf] Text
Text (Judul Pendahuluan, Bab I, Bab V, dan Penutup).pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Text (Bab II-Bab IV).pdf] Text
Text (Bab II-Bab IV).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Masalah biaya adalah salah satu faktor utama anak berhenti sekolah di Indonesia. Asuransi dapat membantu orang tua memitigasi masalah tersebut dalam persiapan pendidikan anak. PT PFI Mega Life Insurance, perusahaan asuransi, menyelenggarakan event “Mendidik, Bukan Mendadak” pada Juni 2025. Konsep yang diangkat adalah persiapan pendidikan anak secara matang sejak dini. Strategi promosi event tahun ini menggabungkan penyebaran undangan langsung dengan metode pembangunan narasi (pemasaran storytelling). Tujuannya mendorong partisipasi calon pengunjung event. PFI Mega Life belum memiliki media untuk melancarkan strategi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perancangan media promosi, yang mana hasilnya dapat menjadi alat pemasaran storytelling. Penelitian ini mengembangkan strategi pemasaran storytelling sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan keterlibatan calon pengunjung event. Tujuan penelitian ini adalah merancang media promosi yang efektif sebagai alat pemasaran storytelling sekaligus mengevaluasi pengaruhnya terhadap minat calon pengunjung. Tahapan penelitian dilakukan berdasarkan teori design thinking; meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data menggunakan mixed method antara kualitatif dan kuantitatif; terdiri dari wawancara, observasi partisipatif, survei, dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), kemudian dirumuskan menjadi sebuah arahan kreatif. Perancangan poster mencakup tahap pembuatan konsep visual dengan mind map (skema pengembangan ide yang terdiri dari pencabangan kata atau frase) dan mood board (kumpulan referensi visual berupa gambar desain, fotografi, dan ilustrasi), proses desain dari tahap sketsa, digitalisasi, sampai uji coba, hingga produksi cetak. Dari uji coba, ditemukan bahwa respon target audience terhadap pemasaran storytelling melalui media promosi bergantung pada unsur visual gambar dan teks serta bahasa, kelengkapan, dan keruntutan narasi. Hasil akhir perancangan berupa poster, banner tripod, backdrop, brosur, lembar aktivitas, dan stiker. Hasil rancangan diharapkan dapat meningkatkan daya tarik event serta memperkuat komunikasi edukatif PT PFI Mega Life Insurance.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Dayanah Zahira
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:21
Last Modified: 18 Jul 2025 09:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item
View Item