2106421031, Syalu Haula Safitri (2021) PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE CRAFTOTE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of Isi.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (5MB)
Abstrak
Industri kerajinan tangan Indonesia memiliki potensi besar di pasar lokal dan internasional seiring dengan minat masyarakat terhadap produk-produk kerajinan tangan. Craftote sebagai UMKM yang memproduksi produk kerajinan tangan sepereti dekorasi, furnitur, dan fashion dari bahan alami secara tradisional, hadir dengan konsep ramah lingkungan dan pelestarian kearifan lokal. Namun, citra Craftote sebagai produk yang ramah lingkungan belum disadari oleh masyarakat luas terutama Gen-Z. Media promosi yang digunakan saat ini belum cukup efektif dalam merepresentasikan citra brand dan nilai-nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk merancang marketing collateral sebagai media komunikasi visual yang mampu menyampaikan pesan merek secara konsisten, menarik, dan menyeluruh dalam rangka membangun brand image Craftote. Proses perancangan ini menggunakan pendekatan design thinking yang terdiri dari empathize, define, ideate, prototype, dan test. Untuk mendukung perancangan dilakukan juga melalui mix methode dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur dan juga kuesioner. Data diolah menggunakan analisis SWOT dan STP guna mengidentifikasi kekuatan, peluang pasar, serta segmentasi dan posisi brand. Penelitian ini menghasilkan media cetak utama seperti katalog, brosur, dan X-banner dengan pendekatan visual clean, menggunakan warna earth-tone, dan juga anyaman sebagai fokus utama dari craftote. Selain itu prinsip-prinsip desain seperti keseimbangan, kontras, hierarki, dan kesatuan diterapkan guna menciptakan tampilan yang informatif namun juga estetis. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan brand image yang ingin ditampilkan oleh Craftote melalui media komunikasi visual yang representatif untuk menarik audiens.
Kata kunci: brand image, desain grafis, kerajinan tangan, marketing collateral, umkm.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Syalu Haula Safitri |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:29 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:29 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28156 |