2106421039, Adelia Chairunnisa (2025) PERANCANGAN BRAND PROFILE BOOK UMKM MIAOUW CRAFT SEBAGAI MEDIA BRANDING UNTUK MEMPERKUAT CITRA BRAND. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan dan Penutup.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab 2 s/d 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
Abstrak
Miaouw Craft sebagai UMKM kerajinan tangan berbasis batik Nusantara menghadapi tantangan dalam memperkuat citra brand akibat keterbatasan media branding yang profesional dan representatif. Permasalahan tersebut didasari oleh tingginya persaingan antar lebih dari 65 juta UMKM di Indonesia yang tersebar di berbagai sektor, sehingga menciptakan persaingan yang ketat antar pelaku usaha. Perancangan brand profile book menjadi solusi strategis untuk menjawab kebutuhan tersebut, baik dalam memperkuat citra brand, membangun kedekatan emosional dengan konsumen akhir (B2C), maupun memperluas peluang kerja sama dengan mitra bisnis (B2B). Proses perancangan menggunakan metode design thinking, meliputi emphatize, define, ideate, prototype, dan testing, dengan didukung oleh metode riset berupa wawancara, observasi, dan studi literatur. Konsep visual mengusung tema yang berkesan modern serta elegan, dan merepresentasikan nilai budaya lokal berupa batik Khas Nusantara. Tantangan utama yang dihadapi selama perancangan berkaitan dengan proses merealisasikan konsep visual ke dalam bentuk digital yang utuh, menarik, dan sesuai harapan serta selaras dengan citra brand. Evaluasi desain dilakukan melalui tahap testing dengan memperoleh berbagai masukan, seperti perlunya penambahan informasi bahan dan ukuran produk, optimalisasi ruang kosong, pencahayaan foto dan kontras, inovasi media, serta penyempurnaan elemen visual dan teks. Hasil akhir berupa desain brand profile book yang dirancang untuk meningkatkan daya tarik visual, memperkuat citra brand yang khas dan erat kaitannya dengan budaya lokal, menyampaikan pesan brand secara efektif kepada konsumen akhir (B2C) secara lebih personal dan mendalam, maupun mitra bisnis (B2B) secara profesional. Brand profile book ini menjadi media branding representatif terarah yang mampu meningkatkan kepercayaan mitra maupun konsumen, memperjelas identitas brand, membangun persepsi positif, dan membedakan Miaouw Craft dari kompetitor, sehingga memperkuat posisi brand dalam persaingan pasar.
Kata kunci: Batik Nusantara, Brand Profile Book, UMKM
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Adelia Chairunnisa |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:32 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:32 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28132 |