PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA BRANDING KAFE WHATS UP

2106421006, Tabah Eriq Setiawan (2025) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA BRANDING KAFE WHATS UP. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas_Laporan_TA_Tabah Eriq Setiawan_DG8A_.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Isi BAB 2 s.d BAB 4] Text (Isi BAB 2 s.d BAB 4)
Halaman Isi_Laporan_TA_Tabah Eriq Setiawan_DG8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (31MB)

Abstrak

Dalam masyarakat modern, kemasan makanan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk, tetapi juga telah berkembang menjadi sarana komunikasi yang efektif dan media branding antara produsen dan konsumen. Sayangnya, banyak pelaku usaha kuliner, termasuk kafe Whats Up yang berdiri sejak 2015, belum memaksimalkan potensi kemasan sebagai alat branding. Hal ini terlihat dari kemasan lunch box kafe Whats Up yang masih polos dan belum mencerminkan identitas merek. Padahal, kemasan yang menarik dapat menciptakan kesan pertama yang positif, membangun loyalitas pelanggan, memperkuat identitas merek, serta memberikan pengalaman berkesan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan lunch box yang menarik, modern, kekinian dan mampu merepresentasikan identitas kafe Whats Up. Metode yang digunakan adalah mix methods, yaitu gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan supervisor kafe, studi literatur, observasi, survei, serta analisis SWOT. Proses perancangan dimulai dengan pembuatan mind mapping untuk menggali kata kunci visual yang menjadi dasar konsep desain. Kata kunci tersebut kemudian divisualisasikan dalam bentuk moodboard. Selanjutnya, dibuat beberapa sketsa alternatif desain yang kemudian didigitalisasi menjadi desain visual yang utuh. Desain akhir diterapkan dalam bentuk mockup sebagai simulasi kemasan nyata. Hasil perancangan adalah desain kemasan lunch box untuk kafe Whats Up yang tampil menarik, kekinian, dan modern. Desain ini menggunakan ilustrasi line art serta dilengkapi dengan elemen visual seperti logo kafe, informasi kontak, media sosial, dan alamat kafe. Dengan tampilan yang lebih profesional dan identitas merek yang kuat, kemasan ini diharapkan mampu menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan citra merek, serta memperkuat daya saing kafe Whats Up di industri kuliner.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Tabah Eriq Setiawan
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:01
Last Modified: 18 Jul 2025 03:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27952

Actions (login required)

View Item
View Item