2106421008, Paramita Putri Arini (2025) Perancangan Kemasan Take Away sebagai Media Branding untuk Brif’s Smashburger. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman_Identitas_Laporan_TA_Paramita_Putri_Arini_DG8A.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi_Laporan_TA_Paramita_Putri_Arini_DG8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
Abstrak
Tingkat kesibukan dan aktivitas sosial yang tinggi mendorong masyarakat memilih solusi cepat, seperti makanan siap saji, baik secara dine-in maupun take away. Kondisi ini memicu pertumbuhan UMKM kuliner, termasuk Brif’s Smashburger, sebuah UMKM di Cibinong, Kabupaten Bogor, yang menyajikan burger homemade. Dengan penjualan yang semakin meningkat hingga menyentuh rata-rata 80 porsi per hari dalam peta persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Kemasan take away yang digunakan masih belum mencitrakan brand, produk hanya dibungkus dengan paper wrap sederhana dan kantong plastik putih pasaran tanpa identitas yang mencitrakan Brif’s Smashburger. Sehingga, kemasan saat ini memiliki potensi minim promosi serta brand recall dan menyulitkan konsumsi produk secara praktis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kemasan take away yang dapat mencitrakan Brif’s Smashburger dengan menerapkan elemen dan prinsip desain grafis serta menerapkan struktur kemasan yang dapat memberikan pengalaman yang baik bagi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method, yaitu campuran metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi literatur, dan survey. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode riset design thinking yang memiliki tahapan berupa emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Melalui metode tersebut akan dihasilkan perancangan yang dapat memberikan kesan homemade dan ceria dengan konsep yang didapat yaitu penggunaan warna triadic, menggunakan gaya ilustrasi kombinasi outline dan fill, dan penggunaan elemen bertema memasak untuk menghasilkan kesan authentic atau unik pada kemasan. Melalui perancangan desain kemasan take away ini, diharap dapat menjadi nilai jual dengan citranya yang semakin dikenal serta mampu meningkatkan daya saing brand Brif’s Smashburger dalam persaingan bisnis sejenis.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Paramita Putri Arini |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 05:54 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 05:54 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27936 |