2107431003, Keyla Nasyiwa Ilona (2025) PEMBUATAN ASET VISUAL UNTUK GAME 2D “THE SACRED GRAIN” SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG PRODUKSI GARAM HITAM TRADISIONAL PAPUA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431003_KeylaNasyiwaIlona_HalamanIdentitasSkripsi.pdf
Download (9MB)
![[thumbnail of Bab 2 s.d. Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431003_KeylaNasyiwaIlona_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (12MB)
![[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431003_KeylaNasyiwaIlona_Multinetics.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (26MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aset visual dalam game 2D The Sacred Grain sebagai media informasi tentang produksi garam hitam tradisional Papua. Fokus utama berada pada pembuatan ilustrasi environments, items, dan characters secara hand-drawn serta graphical user interface secara vector-based. Gaya ilustrasi yang digunakan adalah whimsical, dipilih karena kemampuannya dalam menyampaikan cerita secara imajinatif. Metode pengembangan menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution serta pendekatan mixed-methods yang mencakup studi literatur, wawancara, alpha-testing menggunakan skala Guttman, dan beta-testing menggunakan skala Likert. Beta-testing dilakukan bersama narasumber konsultan ahli, praktisi UI/UX, dan 30 pengguna awal untuk mengevaluasi penerimaan pengguna terhadap aset visual yang dibuat, khususnya dalam aspek estetika, fungsionalitas, serta relevansi budaya lokal. Narasumber konsultan ahli menegaskan akurasi visualisasi proses budaya dan efektivitas aset visual yang dibuat dalam transmisi kultural, sementara praktisi UI/UX menilai antarmuka telah memenuhi prinsip usability. Hasil beta-testing pengguna menunjukkan seluruh indikator berada pada kategori penilaian “Sangat Setuju”, dengan rata-rata skor 90,42% dan skor tertinggi pada aspek relevansi budaya lokal (95,83%). Temuan ini menunjukkan bahwa aset visual yang dibuat telah memenuhi standar estetika, keterbacaan, representasi kultural, dan layak sebagai media informasi yang mendukung transmisi kultur Papua dari perspektif audiens.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Game 2D The Sacred Grain dapat diakses melalui: https://bit.ly/the-sacred-grain_2d-game |
Kata Kunci Uncontrolled: | aset visual, garam hitam Papua, MDLC, ilustrasi whimsical, kultur |
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Keyla Ilona |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:50 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27897 |