Rancang Bangun Chatbot Pajak Berbasis Retrieval-Augmented Generation untuk Sosialisasi Kebijakan PPh dan PPN

2107411025, Muhammad Haikal Al Rasyid (2025) Rancang Bangun Chatbot Pajak Berbasis Retrieval-Augmented Generation untuk Sosialisasi Kebijakan PPh dan PPN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of 2107411025_Muhammad Haikal Al Rasyid_Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
2107411025_Muhammad Haikal Al Rasyid_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (33MB)
[thumbnail of 2107411025_Muhammad Haikal Al Rasyid_Isi Skripsi.pdf] Text
2107411025_Muhammad Haikal Al Rasyid_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (50MB)
[thumbnail of 2107411025_Muhammad Haikal Al Rasyid_Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
2107411025_Muhammad Haikal Al Rasyid_Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (876kB)

Abstrak

Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap kebijakan Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang kompleks menjadi tantangan dalam meningkatkan kepatuhan pajak. Penelitian bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah chatbot fungsional berbasis Retrieval-Augmented Generation (RAG) sebagai solusi penyampaian informasi perpajakan, serta mengevaluasi tingkat akurasi dan performanya. Metode penelitian adalah riset eksperimental dengan pendekatan gabungan. Evaluasi sistem dilakukan melalui tiga metode: pengujian black box untuk fungsionalitas sistem, human evaluation oleh dua pakar pajak untuk mengukur validitas jawaban, serta evaluasi teknis menggunakan Retrieval-Augmented Generation Assessment (RAGAs). Hasil penelitian menunjukkan seluruh fungsionalitas sistem berjalan sesuai harapan. Berdasarkan penilaian para ahli, chatbot mencapai tingkat akurasi validitas jawaban sebesar 72,5%, dengan tingkat kesepakatan antar pakar "Sangat Baik" yang dibuktikan oleh nilai Cohen's Kappa sebesar 0,875. Evaluasi teknis RAGAs mengonfirmasi kinerja pipeline yang solid, dengan skor faithfulness 0,91 dan context precision 1,00, yang mengkonfirmasi kemampuan sistem untuk memberikan jawaban yang sesuai pada sumber dan mengambil konteks yang relevan. Selain itu, pengujian System Usability Scale (SUS) menghasilkan rata-rata skor 79,5, yang mengindikasikan bahwa chatbot memiliki tingkat usability "Sangat Baik" (Grade B - Good) dari perspektif pengguna. Penelitian berhasil mengembangkan chatbot RAG yang terbukti fungsional dan andal dalam menyosialisasikan kebijakan PPh dan PPN kepada masyarakat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Muhammad Haikal Al Rasyid
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:35
Last Modified: 18 Jul 2025 03:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27877

Actions (login required)

View Item
View Item