2107431012, MIA SRI SUSANTI (2025) RANCANG BANGUN GAME 2D “THE SACRED GRAIN” MENGGUNAKAN UNITY SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG PRODUKSI GARAM HITAM TRADISIONAL PAPUA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Bab I Pendahuluan, dan Bab V Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431012_Mia Sri Susanti_Lembar Pengesahan.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Isi Bab II sampai Bab IV]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431012_Mia Sri Susanti_Halaman Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
![[thumbnail of Manuskrip Jurnal Multinetics]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431012_Mia Sri Susanti_Jurnal Multinetics.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (584kB)
Abstrak
Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang beragam, salah satunya adalah garam sebagai komoditas pangan dalam bentuk bumbu pokok yang umumnya diproduksi melalui proses kristalisasi air laut. Namun, di Lembah Baliem, Provinsi Papua Pegunungan, terdapat garam hitam yang dihasilkan dari pelepah pisang yang dikeringkan dan dibakar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game 2D berjudul “The Sacred Grain” menggunakan Unity dengan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC) dan pendekatan mixed method sebagai media informasi tentang proses produksi garam hitam tradisional di Papua. Game dikembangkan dalam bentuk visual novel yang dikombinasikan dengan genre platformer, quiz, simulation, dan puzzle untuk merepresentasikan pengalaman membuat garam hitam tradisional Papua. Dalam game ini diterapkan beberapa kecerdasan buatan, termasuk algoritma A* (A-star) pathfinding dan patrolling untuk mengatur perilaku karakter non-pemain (NPC). Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara, alpha testing, dan beta testing menggunakan testimoni narasumber beserta dengan penilaian berdasarkan skala Likert dalam sebuah kuesioner. Testimoni dari narasumber menunjukkan bahwa tahapan pembuatan garam hitam telah disajikan secara akurat. Sementara itu, hasil kuesioner menunjukkan seluruh indikator berada pada kategori “Sangat Setuju” dengan rata-rata skor 88,25%, yang menunjukkan bahwa game yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai media informasi tentang proses produksi garam hitam tradisional Papua.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Mia Sri Susanti |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:43 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:43 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27855 |