PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “AKU DAN KELOMPOKKU” UNTUK SISWA SMPN 11 BOGOR

2107431005, Muhammad Rocky Marciano Yulianto (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “AKU DAN KELOMPOKKU” UNTUK SISWA SMPN 11 BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Identitas Skripsi, Pendahuluan, dan Penutup_Muhammad Rocky Marciano Yulianto.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
BAB II - BAB IV_Muhammad Rocky Marciano Yulianto.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
2107431005_Muhammad Rocky Marciano Yulianto_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (749kB)

Abstrak

Kesulitan siswa dalam berkelompok terjadi karena dari siswanya itu sendiri yang kurang bisa bergaul, ataupun juga karena karakter siswa tersebut yang kurang disukai temantemannya. Hal ini diperkuat dari hasil kuisioner pada 76 siswa kelas VII SMPN 11 Bogor, dimana sebanyak 68.4 persen siswa pernah mengalami kesulitan dalam berkelompok. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam bekerja kelompok adalah melalui pendekatan interaktif yang berbasis game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif untuk melatih keterampilan sosial dari para siswa kelas VII SMPN 11 Bogor yang di dalamnya berisikan game visual novel, animasi materi, minigame ice breaking, serta database untuk guru. Output dari media pembelajaran ini adalah aplikasi berbasis android dengan file .apk. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method sebagai metode pengumpulan dan analisis datanya, serta metode Game Development Life Cycle sebagai model untuk tahapan pengembangannya.Berdasarkan hasil beta testingyang ditujukan kepada para siswa setelah menggunakan aplikasi “Aku dan Kelompokku”, didapatkan nilai persentase sebesar 90 persen untuk aspek “Pengalaman Pengguna” dan nilai persentase sebesar 89 persen untuk aspek “Tampilan” yang menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk melatih keterampilan sosial siswa dinilai sangat layak.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: D4 Muhammad Rocky Marciano Yulianto
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:48
Last Modified: 17 Jul 2025 07:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27791

Actions (login required)

View Item
View Item