PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK GAME EDUKASI 2D PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN C#

2107431043, Agung Bachtiar Nugroho (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK GAME EDUKASI 2D PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN C#. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN (SURAT-SURAT, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)_AGUNG BACHTIAR NUGROHO_2107431043.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN (SURAT-SURAT, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)_AGUNG BACHTIAR NUGROHO_2107431043.pdf

Download (25MB)
[thumbnail of HALAMAN ISI (BAB 2-BAB 4)_AGUNG BACHTIAR NUGROHO_2107431043.pdf] Text
HALAMAN ISI (BAB 2-BAB 4)_AGUNG BACHTIAR NUGROHO_2107431043.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI_MULTINETICS_AGUNG BACHTIAR NUGROHO_2107431043.pdf] Text
JURNAL_SKRIPSI_MULTINETICS_AGUNG BACHTIAR NUGROHO_2107431043.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (458kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi edukasi 2D sebagai media pembelajaran interaktif dalam game edukasi bertema pengenalan bahasa pemrograman
C#. Animasi yang dibuat mencakup 10 materi utama, yaitu Variables & Data Types, Operator & Expression, Conditional Statements, Loops, Array, Class & Object, Encapsulation, Constructor, Inheritance, dan Polymorphism, serta dua cutscene (intro dan ending). Video dirancang dalam format .mp4 resolusi 1920×1080 pixels dan frame rate 24 fps. Evaluasi dilakukan melalui uji alpha, beta testing, serta uji statistik Paired Sample T Test untuk mengukur efektivitas media. Hasil alpha testing menunjukkan bahwa prinsip animasi dasar telah diterapkan dengan baik, meskipun tidak diterapkan secara menyeluruh di setiap video. Beta testing evaluasi animasi 2D dilakukan terhadap 30 responden dengan hasil rata-rata indeks evaluasi sebesar 83,62%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan rata-rata skor pre-test dari 67,83 menjadi 89,67 pada post-test. Nilai t hitung sebesar 6,817 > t tabel 2,045 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan. Dengan demikian, animasi edukasi 2D ini dinyatakan efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email agung.bachtiar.nugroho.tik21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:52
Last Modified: 17 Jul 2025 07:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item
View Item