PEMBUATAN ASET 2D DAN USER INTERFACE DALAM VISUAL NOVEL DAN ANIMASI PADA APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “AKU DAN KELOMPOKKU” DI SMPN 11 BOGOR

2107431019, Alfortino Ramadhan (2025) PEMBUATAN ASET 2D DAN USER INTERFACE DALAM VISUAL NOVEL DAN ANIMASI PADA APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “AKU DAN KELOMPOKKU” DI SMPN 11 BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_2107431019_Alfortino Ramadhan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi_2107431019_Alfortino Ramadhan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
2107431019_Alfortino Ramadhan_Jurnal Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Di era media digital saat ini, keterampilan sosial sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Namun, kecenderungan interaksi melalui media sosial menyebabkan penurunan kemampuan komunikasi tatap muka, empati, penyelesaian konflik, dan kolaborasi. Wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling di SMPN 11 Bogor menunjukkan bahwa media interaktif seperti permainan kartu, storytelling, dan game edukatif mampu meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa. Hasil kuesioner terhadap 76 siswa juga menunjukkan bahwa 68,4 persen siswa masih kesulitan berkelompok. Penelitian bertujuan untuk membuat user interface dan aset ilustrasi dalam pembangunan aplikasi “Aku dan Kelompokku” untuk membantu siswa kelas 7 SMPN 11 Bogor memahami keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize yang melibatkan siswa untuk mengisi kuesioner dan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling untuk memahami kebutuhan, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian melibatkan para ahli dan siswa; ahli menilai estetika visual 100 persen dan kegunaan 95,8 persen yang masuk kategori sangat layak, sementara uji coba dengan siswa menunjukkan skor rata-rata 89,3 persen sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Hasil ini membuktikan bahwa ilustrasi dan UI dalam aplikasi Aku dan Kelompokku efektif secara visual, fungsional, dan disukai oleh siswa kelas 7 SMPN 11 Bogor.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Alfortino Ramadhan
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:38
Last Modified: 17 Jul 2025 03:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27704

Actions (login required)

View Item
View Item