IMPLEMENTASI GAME EDUKASI BERBASIS UNITY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 CIANGSANA DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE

2107431050, Rivaldy Trisaputra (2025) IMPLEMENTASI GAME EDUKASI BERBASIS UNITY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 CIANGSANA DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka dan Lampiran)
2107431050_Rivaldy Trisaputra_Identitas.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4] Text (BAB 2 - BAB 4)
2107431050_Rivaldy Trisaputra_BAB2-BAB4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Jurnal multinetics] Text (Jurnal multinetics)
Jurnal Multinetics_Rivaldy Trisaputra_2107431050.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (546kB)

Abstrak

Mengembangkan game edukasi 3D berjudul "Equation Elimination" menggunakan Unity 6 dan metode Game Development Life Cycle (GDLC) untuk meningkatkan minat belajar Matematika siswa kelas 6 SDN 04 Ciangsana. Game ini dirancang berbasis Kurikulum Merdeka, mencakup materi perkalian, pembagian pecahan, rasio, dan kubus, dengan format executable Windows dan tampilan 3D single-player offline. Pengujian dilakukan melalui tahap alpha, beta, dan rilis, melibatkan 48 siswa. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan indeks minat belajar sebesar 6,71%, dari 68,53% menjadi 75,24%, dengan perubahan signifikan pada ketertarikan belajar di luar jam pelajaran (56,67% ke 74,58%) dan kenikmatan proses belajar (59,58% ke 70,00%). Validasi oleh ahli pendidikan memastikan game edukasi sesuai standar pembelajaran. Dengan demikian, game ini terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Matematika siswa.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Rivaldy Trisaputra
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:53
Last Modified: 17 Jul 2025 07:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item
View Item