IMPLEMENTASI UNITY PADA APLIKASI VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI KLUSTER PERUMAHAN RATNA MEGAH KATIMAHA

2107431025, Rafael Hotasiho Imanuel Napitupulu (2025) IMPLEMENTASI UNITY PADA APLIKASI VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI KLUSTER PERUMAHAN RATNA MEGAH KATIMAHA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
2107431025_Rafael Hotasiho Imanuel Napitupulu_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d 4] Text (Isi Bab 2 s/d 4)
2107431025_Rafael Hotasiho Imanuel Napitupulu_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
2107431025_Rafael Hotasiho Imanuel N_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (553kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk membantu PT Tuntas Ampuh Total dalam menyediakan media informasi dan visualisasi terhadap rumah yang sedang dipasarkan, khususnya pada cluster perumahan yang masih dalam tahap pembangunan. Dari tiga tipe rumah yang direncanakan, baru satu tipe yang telah selesai dibangun, sementara dua lainnya masih dalam proses konstruksi. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media alternatif yang dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai spesifikasi rumah serta visualisasi bentuk bangunannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi virtual tour berbasis web yang mampu menyajikan informasi terkait spesifikasi rumah seperti harga, luas tanah dan bangunan, sumber air, kapasitas listrik, serta data pendukung lainnya. Aplikasi ini juga dirancang untuk membantu calon pembeli yang mengalami keterbatasan dalam mengunjungi lokasi secara langsung, sehingga mereka tetap dapat melakukan survei secara virtual. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity Engine, dengan integrasi aset 3D dan 2D yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mendapatkan skor rata-rata dari lima indikator utama, yaitu: learnability sebesar 89 persen, memorability 88,5 persen, efficiency 86,2 persen, error 89,5 persen, dan satisfaction 88,5 persen. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi telah memenuhi ekspektasi pengguna dari segi fungsionalitas dan pengalaman penggunaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: RAFAEL NAPITUPULU
Date Deposited: 16 Jul 2025 10:37
Last Modified: 16 Jul 2025 10:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27678

Actions (login required)

View Item
View Item