PEMBUATAN ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK CUT-OUT ANIMATION PADA APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF "AKU DAN KELOMPOKKU" BAGI SISWA SMPN 11 BOGOR

2107431011, Muhammad Noval Rizki (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK CUT-OUT ANIMATION PADA APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF "AKU DAN KELOMPOKKU" BAGI SISWA SMPN 11 BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Penutup] Text (Halaman Identitas Skripsi & Penutup)
2107431011_Muhammad Noval Rizki_Lap Skripsi_Halaman Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
2107431011_Muhammad Noval Rizki_Lap Skripsi_Halaman isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
2107431011_Muhammad Noval Rizki_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi dua dimensi dengan teknik cut-out animation sebagai bagian dari aplikasi alat bantu pembelajaran interaktif berjudul "Aku dan Kelompokku", yang dirancang untuk memberikan pemahaman keterampilan sosial kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Bogor. Permasalahan utama yang diangkat adalah kesulitan siswa dalam membentuk kelompok akibat rendahnya kemampuan bersosialisasi. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan kepada tujuh puluh enam siswa, diketahui bahwa enam puluh delapan koma empat persen siswa mengalami kesulitan dalam mendapatkan kelompok. Selain itu, animasi merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang disukai oleh dua puluh dua koma empat persen siswa, setelah permainan yang mencapai empat puluh delapan koma tujuh persen. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahapan, yaitu konsepsi, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Produk yang dihasilkan berupa enam video animasi berformat MP4 menggunakan Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro. Hasil beta testing dari dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli animasi, menunjukkan bahwa animasi dua dimensi yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak. Sementara itu, siswa menilai aspek kemudahan dipahami sebesar sembilan puluh dua persen, daya tarik visual delapan puluh delapan persen, dan minat belajar sembilan puluh persen. Penelitian ini menunjukkan bahwa animasi dua dimensi efektif sebagai bagian dari aplikasi pembelajaran interaktif untuk memberikan pemahaman keterampilan sosial.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Muhammad Noval Rizki
Date Deposited: 16 Jul 2025 10:38
Last Modified: 16 Jul 2025 10:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27672

Actions (login required)

View Item
View Item