PEMBUATAN ANIMASI 2D DAN ASET USER INTERFACE PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “MATHGLEE” MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG KELAS IV SDN TEGAL PARANG 06

2107431020, Rizka Amalia Ramadhanti (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D DAN ASET USER INTERFACE PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “MATHGLEE” MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG KELAS IV SDN TEGAL PARANG 06. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
2107431020_Rizka_Amalia_Ramadhanti_Halaman Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
2107431020_Rizka_Amalia_Ramadhanti_Halaman Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
2107431020_Rizka Amalia Ramadhanti_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (802kB)

Abstrak

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar, salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif serta minimnya penggunaan media yang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dua animasi 2D sebagai bagian dari media pembelajaran interaktif MathGlee untuk menyampaikan materi piktogram dan diagram batang secara visual dan menyenangkan. Perancangan animasi 2D dilakukan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, serta pre-test dan post-test kepada siswa kelas IV SDN Tegal Parang 06. Hasil pengujian beta oleh ahli media, ahli materi, dan siswa menunjukkan persentase kelayakan masing-masing sebesar 82.66%, 100%, dan 86.36% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Selain itu, hasil analisis pre test dan post test dengan perhitungan effect size mendapat nilai sebesar 1.06 yang termasuk dalam kategori “strong effect”. Hasil ini menunjukkan bahwa animasi 2D yang dikembangkan sangat layak digunakan, serta memiliki efek yang sangat kuat terhadap capaian hasil belajar siswa dan secara signifikan membantu siswa memahami materi matematika.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Rizka Amalia Ramadhanti
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:54
Last Modified: 16 Jul 2025 04:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27596

Actions (login required)

View Item
View Item