GAME EDUKASI MATEMATIKA SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJARAN UNTUK GURU TK B SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEKANBARU

1907432010, Chayros Fresh Lawrence (2025) GAME EDUKASI MATEMATIKA SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJARAN UNTUK GURU TK B SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEKANBARU. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Halaman pengesahan (surat2, daftar2, bab 1, bab 5, daftar pustaka, lampiran)] Text (Halaman pengesahan (surat2, daftar2, bab 1, bab 5, daftar pustaka, lampiran))
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2SDBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB)

Abstrak

Kemajuan teknologi digital mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Menurut data dari BPS pada tahun 2022, hampir separuh anak usia dini di Indonesia sudah bisa menggunakan handphone dan mengakses internet. Menurut data dari PISA pada tahun 2018, untuk kategori matematika Indonesia berada di peringkat 73 dari 79 negara. Matematika merupakan ilmu penting yang perlu dikenalkan sejak dini untuk mendukung kemampuan berpikir logis dan pengambilan keputusan. Di TK B Sekolah Kristen Kalam Kudus Pekanbaru 5 dari 8 anak murid cenderung menggunakan teknologi sebagai media hiburan, guru mengalami kesulitan dalam mengajar matematika karena perubahan pola belajar anak dari dampak pandemi covid. Penelitian ini mengembangkan game edukasi matematika berbasis kurikulum TK B sebagai media aplikasi game pembelajaran interaktif berbasis digital. Game dikembangkan menggunakan game engine Unity dan ditujukan untuk platform Windows berekstensi .exe. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil uji kepada guru TK B sekolah Kristen Kalam Kudus menyatakan bahwa game edukasi ini dapat digunakan menjadi media pengajaran matematika di sekolah Kristen Kalam Kudus.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Chayros Fresh Lawrence
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:22
Last Modified: 15 Jul 2025 06:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27462

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item