2107431041, Galih Prakoso Damar Aji (2025) PEMBUATAN ASET 3D DAN ENVIRONMENT PADA APLIKASI PETA INTERAKTIF BERBASIS UNITY SEBAGAI MEDIA EKSPLORASI DIGITAL MUSEUM SATRIAMANDALA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Galih Prakoso Damar Aji_Halaman Identitas.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Galih Prakoso Damar Aji_2107431031_ISI_BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
![[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2107431041_Galih Prakoso Damar Aji_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (712kB)
Abstrak
Museum Satriamandala merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memiliki beragam koleksi artefak, kendaraan tempur, dan diorama sejarah. Namun, museum ini menghadapi tantangan berupa kurangnya informasi navigasi yang jelas bagi pengunjung serta minimnya digitalisasi koleksi. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk membuat aset 3D dan Environment 3D yang akan diintegrasikan kedalam aplikasi peta 3D interaktif berbasis Unity. Aset 3D dari bangunan dan koleksi museum dibuat menggunakan perangkat lunak Blender dan diberi tekstur yang realistis dengan menggunakan perangkat lunak Substance Painter. Metodologi pengembangan menggunakan kerangka kerja MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aset 3D yang dikembangkan terbukti memberikan dampak positif terhadap pengalaman pengunjung dalam menavigasi musuem. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh aset 3D dapat diimpor ke dalam Unity tanpa kendala dan telah memenuhi spesifikasi teknis. Pada beta testing yang melibatkan 30 responden, 10 pernyataan valid menunjukkan indeks rata-rata 85,2 persen dan nilai reliabilitas 0.710, yang berarti aset 3D dianggap sesuai dengan kondisi asli di museum, representatif, dan mendukung penyampaian informasi secara lebih menarik, dan interaktif di lingkungan museum Satriamandala.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Kata Kunci Uncontrolled: | Museum Satriamandala, peta 3D interaktif, digitalisasi museum, Unity, sejarah militer, aset 3D |
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 900 Sejarah dan Geografi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Galih Prakoso Damar Aji |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:24 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:24 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27438 |