PENERAPAN FEATURE HUMAN INTEREST PADA PROGRAM “SOSOK” DI KANAL 20 DETIK SIGNATURE DETIKCOM PERIODE JANUARI 2025

2206321019, Nadia Kusuma (2025) PENERAPAN FEATURE HUMAN INTEREST PADA PROGRAM “SOSOK” DI KANAL 20 DETIK SIGNATURE DETIKCOM PERIODE JANUARI 2025. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
NADIA KUSUMA REPOSITORY 1-5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
repository bab 2-4 nadia KUSUMA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Di era digital saat ini, banyak sekali jenis tayangan video feature yang dapat diakses dengan mudah di berbagai macam jenis media massa, dimulai cetak (surat kabar, buku, majalah), media elektronik (televisi, radio), hingga media online.
Dari banyaknya jenis media massa yang ada, media online menjadi paling efektif dalam proses menyampaikan pesan, karena kecepatannya dalam menyebarkan informasi dan kemudahan akses menjadi kelebihannya. Sehingga, informasi diterima oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.
Menurut Asep Syamsul M. Romli (2018:34), media online sering disebut sebagai “generasi ketiga” setelah media cetak, seperti koran, tabloid, majalah, dan buku, juga media elektronik, seperti radio, televisi, dan film atau video. Media online termasuk dalam bagian jurnalistik digital atau cyber journalism, yang informasinya disebarluaskan melalui jaringan internet.
Detikcom menjadi salah satu media online di Indonesia yang menyajikan berbagai informasi, dimulai dari artikel berita, talkshow, hingga berbagai jenis tayangan feature, yang ada pada kanal 20 Detik Signature.
Bedasarkan penjelasan di atas, feature adalah artikel kreatif, tetapi subyektif, mempunyai tujuan tidak hanya untuk memberi informasi saja, melainkan juga menghibur pembaca dari suatu keadaan menurut, Koesworo, dkk dalam Samsul (2018:138).
Di sisi lain, yang dimaksud dengan menghibur yaitu, menurut Anderson dan Itule dalam Fanny Lesmana (2017:48 -49) menggambarkan bahwa feature human interest sebagai jenis tulisan yang memperlihatkan sisi unik, menarik dari kehidupan seseorang. Kisah dalam feature biasanya mengandung unsur emosional atau hiburan yang membuatnya lebih berkesan bagi pembaca.

Sehingga, penyajian feature di 20 kanal Detik Signature, khususnya pada program “Sosok” mengedepankan unsur human interest. Dikarenakan fokus pada dampak emosional, mengangkat cerita-cerita yang menyentuh perasaan, menginspirasi, dan membangkitkan rasa empati penonton. Kisah-kisah dalam tayangan juga mempererat koneksi antara penonton dengan pengalaman hidup yang penuh makna. Sehingga, informasi yang disampaikan dalam tayangan tersampaikan dengan baik pada penonton.
Berdasarkan hasil analisis terdahulu, menurut Zain dalam Dawud (2020:69) menunjukkan bahwa penulisan feature human interest mengandalkan deskripsi emosional, harapan, dan ungkapan emotif untuk membangun kedekatan dengan pembaca. Unsur-unsur tersebut terbukti efektif dalam menggugah empati dan memperkuat daya tarik narasi, karena feaature human interest yang mengandung kesedihan duka atau kecelakaan bisa menimbulkan nilai rasa dari pembaca.
Oleh karena itu, penulis tertarik membahas untuk mengetahui dan memahami mengenai unsur human interest pada feature yang terdapat di program “Sosok” kanal 20 Detik Signature. Maka dari itu, Tugas Akhir ini diberi judul: Penerapan Feature Human Interest pada Program “Sosok” di Kanal 20 Detik Signature Detikcom Periode Januari 2025.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Nadia Kusuma
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:09
Last Modified: 10 Jul 2025 01:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/26730

Actions (login required)

View Item
View Item