Rancang Bangun Chatbot Pada Website Politeknik Negeri Jakarta (pnj.ac.id)

4617010057, Muhammad Musyaffa Nur Qisthy (2021) Rancang Bangun Chatbot Pada Website Politeknik Negeri Jakarta (pnj.ac.id). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Muhammad Musyaffa N Q_4617010057_halamanidentitas.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Muhammad Musyaffa N Q_4617010057_bab2-bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Muhammad Musyaffa N Q_jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (367kB)

Abstrak

Website Politeknik Negeri Jakarta yaitu www.pnj.ac.id memiliki berbagai informasi seperti tentang kampus, akademik, penerimaan mahasiswa, layanan, kontak dan lain lain. Hal ini membuat website sangat penting dalam memenuhi kebutuhan informasi dan layanan yang menunjang kegiatan kampus. Akan tetapi, terkadang informasi pada website PNJ sulit digapai atau tidak tersampaikan kepada pengguna akhir, terlebih website PNJ tidak menyediakan fitur FAQ dan live chat. Sehingga, dapat menimbulkan kebingungan yang menyebabkan ketidakpuasan pengguna. Ditambah lagi, pengunjung yang menghubungi kontak yang tersedia membuat humas PNJ mendapat pertanyaan berulang yang menyebabkan kurang efisien dalam menanganinya. Agar pengunjung wesite dapat mengajukan pertanyaan kapan saja, serta membantu humas PNJ agar tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama dibuatlah fitur chatbot. Jenis chatbot yang dibuat adalah rule based chatbot yang memilih respon sistem berdasarkan data pada database. Pencocokan input pertanyaan dengan database dilakukan menggunakan algoritma levenshtein distance. Sistem dibuat menggunakan framework PHP Laravel. Hasil dari penelitian ini adalah chatbot pada website yang dapat merespon pertanyaan dengan akurasi 76% dan response time dibawah 0,2 detik, serta backend admin untuk melakukan perubahan data pada chatbot.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Muhammad Musyaffa Nur Qisthy
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:46
Last Modified: 14 Sep 2021 01:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item
View Item