Desain Perkerasan Lentur Metode Empirik dan Mekanistik Empirik menggunakan Perangkat Lunak Perkerasan

2101411016, Siti Sulaematussadiah Azzahra (2025) Desain Perkerasan Lentur Metode Empirik dan Mekanistik Empirik menggunakan Perangkat Lunak Perkerasan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I dan Bab V] Text (Judul, Bab I dan Bab V)
Bab I dan Bab V_Siti Sulaematussadiah Azzahra_2101411016.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran] Text (Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran)
Bab II,III,IV_Siti Sulaematussadiah Azzahra_2101411016.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Peningkatan volume lalu lintas di Kabupaten Bogor, khususnya pada ruas Jalan Bojonggede–Kemang, menuntut perencanaan infrastruktur jalan yang optimal untuk mendukung mobilitas dan keselamatan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan desain tebal perkerasan lentur menggunakan metode empirik dengan bantuan metode mekanistik-empirik. Metode yang digunakan meliputi metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) 2024, metode Austroads 2024, serta perangkat lunak mekanistik-empirik yaitu Circly 7 dan Kenpave. Lokasi penelitian difokuskan pada jalur cepat Jalan Bojonggede–Kemang. Analisis dilakukan dengan membandingkan ketebalan lapisan perkerasan, nilai tegangan, regangan, dan lendutan, guna menentukan desain struktur perkerasan yang paling efisien dan tahan lama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur perkerasan berdasarkan metode Austroads 2024 merupakan yang paling kuat dan tahan lama, karena mempunyai nilai Nf dan Nd yang sangat besar dibandingkan beban rencana (Nr), memiliki CDF terendah yang berarti tiap lapisan mengalami kerusakan jauh di bawah batas kritis, dan memberikan struktur perkerasan yang lebih andal dalam jangka panjang. Austroads memiliki Nf sebesar 7.64 X 1018 Nd retak alur sebesar 3.80 X 1013 Nd permanent deformation sebesar 3.77 X 1012 dan Nr sebesar 3.36 X 1011 serta tebal sebesar 59.5 cm. sedangkan untuk MDPJ memiliki Nf sebesar 8.43 X 1010 Nd retak alur sebesar 1.27 X 109 Nd permanent deformation sebesar 3.77 X 1012 dan Nr sebesar 7.40 X 107 serta tebal sebesar 76.5 cm.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: siti sulaematussadiah azzahra
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:25
Last Modified: 18 Jun 2025 02:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/25922

Actions (login required)

View Item
View Item