2101415001, Fahranzi Fawwaz Azaria (2025) PERBANDINGAN DAYA DUKUNG METODE KONVENSIONAL DENGAN PILE DRIVING ANALYZER (PDA) PROYEK JAPEK II SELATAN PAKET2A. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Bab I dan Bab V]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul, BAB I & BAB V.pdf
Download (933kB)
![[thumbnail of Abstrak, Bab II - Bab IV dan Lampiran]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II & BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
Abstrak
Pondasi adalah bagian struktur bagian bawah yang berfungsi untuk distribusi struktur diatasnya ke lapisan tanah. Dalam perencanaan pondasi, beban yang akan diterima tidak boleh lebih dari kapasitas daya dukung ultimit (Qu) guna menghindari penurunan pondasi melewati batas izin penurunan dan berimbas pada kegagalan stuktur diatasnya. Borepile adalah salah satu jenis pondasi dalam yang dibuat dengan pengeboran tanah hingga lapisan tanah keras. Pada proyek Tol Jakarta – Cikampek 2 Selatan Paket 2A salah satunya menggunakan jenis pondasi borepile, dan perhitungan Qu borepile dengan metode teoritis dari data Standart Penetration Test (SPT) kemudian dibandingkan dengan data Pile Driving Analyzer (PDA). Nilai daya dukung dengan SPT dihitung menggunakan 3 metode yaitu Mayerhof, Reese & Wright dan Luciano Decourt. Hasil analisis daya dukung ultimit (Qu) metode teoritis diperoleh dengan metode Mayerhof Qu sebesar 1331.3 ton, dengan metode Reese & Wright Qu sebesar 1422.0 ton, dan dengan metode Luciano Decourt Qu sebesar 1392.5 ton. Berdasarkan hasil pengujian Pile Driving Analyzer (PDA) diperoleh 1403.3 ton. Penurunan (Settlement) tiang yang terjadi sebesar 14.61 Dari hasil analisis metode Vessic, perbandingan nilai daya dukung ultimit dari data SPT metode teoritis dengan analisa PDA menunjukkan bahwa hasil perbandingannya tidak signifikan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Fahranzi Azaria |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:56 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/25906 |