4517030018, Nadya Pri Muniasari (2021) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Penerapan Ergonomi Perkantoran untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan di PT Coda Integra Internusa. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Skripsi_Nadya Pri Muniasari_ABT 8A_4517030018_2017.pdf
Download (2MB)
Isi Bab 2 s.d Bab 4_Nadya Pri Muniasari_ABT 8A_4517030018_2017.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_Nadya Pri Muniasari_ABT 8A_4517030018_2017.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (186kB)
Abstrak
NADYA PRI MUNIASARI. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Penerapan Ergonomi Perkantoran untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan di PT Coda Integra Internusa. Politeknik Negeri Jakarta. 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan ergonomi perkantoran di PT Coda Integra Internusa telah efektif dan memenuhi pelaksanaan tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Karyawan berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 serta menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi efektivitas dari penerapan ergonomi perkantoran tersebut. Tingkat efektivitas pada penelitian ini diukur menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Sugiyono dalam Anggraini (2019:17). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menjadikan individu sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 (tiga) metode yaitu wawancara secara mendalam dan observasi. Interpretasi data penelitian dilakukan secara bertahap mulai dari pengumpulan data, mereduksi data, hingga dapat diperoleh kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ergonomi perkantoran di PT Coda Integra Internusa ini telah diterapkan dengan baik. Hal tersebut ditinjau berdasarkan data yang diolah peneliti dari indikator pengukuran efektivitas yakni ketepatan sasaran, sosialisasi, tujuan dan pemantauan. Kemudian, faktor yang mempengaruhi efektivitas pada penerapan ergonomi perkantoran di PT Coda Integra Internusa antara lain pada perencanaan pencahayaan, perencanaan udara/suhu ruang dan perencanaan suara serta penggunaan seluruh asas tata kelola ruang kantor yaitu asas jarak terpendek, asas penggunaan segenap ruangan, asas perubahan susunan ruangan dan asas rangkaian kerja untuk proses karyawan dalam bekerja. Dengan demikian, PT Coda Integra Internusa memiliki kestabilan pada Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karyawannya.
Kata Kunci: Efektivitas, Ergonomi Perkantoran, Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Nadya Pri Muniasari |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 05:59 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 05:59 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2557 |