RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARAAN PAMERAN TEH “INDONESIA TEA FAIR” OLEH PT ALDAKA KREATIVA INDONESIA

4516010049, Aulia Nursaffanah (2021) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARAAN PAMERAN TEH “INDONESIA TEA FAIR” OLEH PT ALDAKA KREATIVA INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab 1, Bab 2, Bab 7] Text (Judul, Bab 1, Bab 2, Bab 7)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Bab 3, Bab 4, Bab 5, Bab 6] Text (Bab 3, Bab 4, Bab 5, Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

PT Aldaka Kreativa Indonesia merupakan penyedia jasa penyelenggaraan pameran berbasis teh pertama di Indonesia. Konsep produk utama yang akan diselenggarakan oleh PT Aldaka Kreativa Indonesia adalah sebuah pameran yang bergerak dalam bidang teh Indonesia, yang diberi nama Pameran “Indonesia Tea Fair”. Sebagai produk pendukungnya, PT Aldaka Kreativa Indonesia akan menyelenggarakan Sub-Pameran Tea Fair di beberapa ibukota provinsi di Indonesia, seperti Kota Bandung (Bandung Tea Fair), Kota Solo (Solo Tea Fair), dan Kota Medan (Medan Tea Fair) dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.
Target peserta acara Pameran Indonesia Tea Fair sendiri merupakan para pelaku usaha dalam industri teh Indonesia, baik dari penjual bahan baku hingga produk siap konsumsi, yang berdomisili di Indonesia. Selain itu, kami juga menargetkan visitor dari seluruh gender dalam rentang usia 17 - 40 tahun dengan daya beli masyarakat di kelas menengah serta berdomisili di dan sekitar lokasi venue pameran. PT Aldaka Kreativa Indonesia juga membentuk kerjasama dengan para stakeholder yang berkaitan dengan industri teh untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pameran Indonesia Tea Fair.
Teh sebagai minuman favorit dari 84,1% masyarakat di Indonesia sedang mendapat peluang yang cukup besar untuk berkembang selama masa pandemi COVID-19 karena dianggap sebagai salah satu minuman kesehatan. Berdasarkan hasil analisa pasar yang telah dilakukan, perkembangan jumlah usaha Tea Shop di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya berbanding terbalik dengan jumlah pameran teh yang terselenggara di Indonesia sehingga membuka kesempatan bagi berdirinya perusahaan seperti PT Aldaka Kreativa Indonesia. Perusahaan ini didirikan dan dikelola oleh 3 alumnus mahasiswa Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) Politeknik Negeri Jakarta yang memiliki kompetensi khusus yang berbeda-beda, sesuai dengan penempatan jabatannya masing-masing, sehingga dapat mendukung pendirian serta pelaksanaan operasional PT Aldaka Kreativa Indonesia dari berbagai aspek perusahaan. Dengan modal awal sebesar Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah), PT Aldaka Kreativa Indonesia akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp143.065.244 pada tahun pertama, kemudian meningkat pesat pada tahun kedua sebesar Rp361.171.659, dan sedikit menurun pada tahun ketiga akibat adanya penambahan tenaga kerja dan kenaikan gaji karyawan sebesar Rp299.844.131. Dari hasil analisa studi kelayakan bisnis pada aspek keuangan, didapati data dan informasi bahwa modal tersebut akan kembali seutuhnya dalam jangka waktu 1 tahun 2 bulan 15 hari menurut perhitungan Payback Period (PP). Lalu, Net Present Value (NPV) perusahaan ini juga bernilai positif karena > 0, yaitu sebesar Rp613.810.383 dengan Profitability Index (PI) sebesar 7,139. Kemudian tingkat efisiensi modalnya, menurut hasil perhitungan Internal Rate of Return (IRR), sebesar 96,90% serta perhitungan Return On Invesment (ROI) PT Aldaka Kreativa ini layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S. Tr. Par Aulia Nursaffanah
Date Deposited: 11 Sep 2021 08:01
Last Modified: 11 Sep 2021 08:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item
View Item