Analisis Penyebab Munculnya Warning Low Fuel Pressure pada Monitor Unit Excavator Liugong 922E

Ibrahim Batistuta, Muhammad Ridwan (2024) Analisis Penyebab Munculnya Warning Low Fuel Pressure pada Monitor Unit Excavator Liugong 922E. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Bab 1 dan 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
bab 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Draft Semnas_M Ridwan Ibrahim B_2002331006 .pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (636kB)

Abstrak

Fuel system pada unit excavator Liugong 922E berperan penting dalam memastikan performa optimal selama operasi. Namun, sistem ini terkadang menghadapi masalah seperti fuel pressure low yang dapat menurunkan kinerja engine maupun unit secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab utama penurunan tekanan bahan bakar pada unit excavator Liugong 922E dan menemukan akar permasalahannya dengan menggunakan metode analisis why-why serta pemeriksaan komponen terkait. Masalah ini terdeteksi melalui keluhan operator yang melaporkan munculnya kode error 'fuel pressure moderately low' pada monitor excavator. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data lapangan, wawancara, dan analisis why-why. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen utama yang memerlukan pengecekan mencakup fuel filter, fuel pump sensor, common rail sensor, dan injector. Melalui analisis why-why, ditemukan bahwa akar penyebab masalah ini adalah kualitas bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi, pemeliharaan berkala yang terabaikan, serta kerusakan pada solenoid injector. Penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi untuk mengurangi masalah tekanan bahan bakar rendah, sehingga memastikan unit dapat beroperasi dengan performa optimal. Hasil penelitian ini juga memberikan wawasan bagi operator dan mekanik untuk melakukan perawatan yang baik guna mencegah terulangnya kejadian fuel pressure low di masa mendatang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 622 Teknik tambang dan teknik pertambangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 627 Teknik hidrolik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat D4
User ID Pengunggah: Muhammad Ridwan Ibrahim Batistuta
Date Deposited: 09 Dec 2024 02:29
Last Modified: 09 Dec 2024 02:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item
View Item