2005413086, Siti Aldawiyah and 2005413073, Talita Alicia Angelica and 2005413086, Sabrina Prabawati Tejakusuma (2024) RANCANGAN BISNIS UNTUK PENYEDIAAN TENAGA KERJA HARIAN LEPAS BERBASIS WEBSITE DALAM MENDUKUNG EVENT PAMERAN DI JABODETABEK OLEH PT EXPO TALENT SOLUTION. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Business Plan.pdf
Download (2MB)
Isi Business Plan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB) | Request a copy
Abstrak
PT Expo Talent Solution adalah perusahaan yang menyediakan tenaga kerja harian lepas (manpower) untuk event pameran di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK). Perusahaan termasuk ke dalam kategori Klasifikasi Baku Lapangan Indonesia (KBLI) Aktivitas Penyediaan Kerja Waktu Tertentu dengan nomor 78200. Perusahaan didirikan pada 1 Juli 2025 oleh Sabrina Prabawati Tejakusuma, Siti Aldawiyah, dan Talita Alicia Angelica dengan modal awal sebesar Rp 350.000.000 (tiga ratus lima puluh juta rupiah). Lokasi kantor berada di Jalan Tebet Timur Raya No. 55, Jakarta Selatan 12820.
Produk utama yang ditawarkan ada 4 (empat), yaitu: (1) Paket Diamond dengan harga Rp 64.300.000 (enam puluh empat juta tiga ratus ribu rupiah), (2) Paket Gold dengan harga Rp 33.500.000 (tiga puluh tiga juta lima ratus ribu rupiah), (3) Paket Silver dengan harga Rp 24.800.000 (dua puluh empat juta delapan ratus ribu rupiah), dan (4) Paket Bronze dengan harga Rp 21.800.000 (dua puluh satu juta delapan ratus ribu rupiah).
Produk pendukung yang ditawarkan ada 3 (tiga), yaitu: (1) Paket Five Star Tour & Travel dengan harga Rp 2.000.000 (dua juta rupiah), (2) Paket Four Star Tour & Travel dengan harga Rp 1.750.000 (satu juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), dan
(3) Paket Special Exhibition dengan harga Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah).
2
Segmentasi pasar yang dituju adalah usia 18-50 tahun yang berdomisili Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK) dan tertarik dengan jasa tenaga kerja harian lepas (manpower). Target pasar perusahaan yaitu Event Organizer (EO), Professional Exhibition Organizer (PEO), dan perusahaan yang menyelenggarakan event.
Strategi pemasaran yang diterapkan adalah 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process). Strategi penetapan price (harga) yang digunakan berbasis kompetitor (competition-based pricing) untuk produk serupa. Strategi promotion (promosi) yang diterapkan adalah menggunakan marketing berbentuk above the line meliputi pemasaran digital dengan media sosial seperti Instagram, Linkedin, dan X, serta iklan online seperti Google Ads dan Instagram Ads. Strategi process (proses) dilakukan dengan memetakan alur pendekatan antara konsumen dan produk.
Proyeksi penjualan perusahaan terus meningkat, pada tahun 2025 perusahaan menargetkan 4 event pameran, tahun 2026 menargetkan 6 event pameran, tahun 2027 menargetkan 10 event pameran, dan tahun 2028 menargetkan 16 event pameran.
Berdasarkan analisis Payback Period, modal awal kembali dalam jangka waktu
3 tahun 5 bulan 26 hari. Nilai Net Present Value (NPV) yang didapat adalah Rp303.708.343. Initial Rate of Return (IRR) sebesar 32,24%, Return of Investment (ROI) tahun 2025-2028 sebesar 7.41%; 21.12%; 28.19%; 43.20%, dan Profitability Index sebesar 1.86773812. Kesimpulan yang didapat adalah PT Expo Talent Solution layak untuk dijalankan dan dikembangkan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr. Par Siti Aldawiyah |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:30 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:30 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/23173 |