RANCANGAN USAHA JASA PENYEDIA TALENT DAN NARASUMBER UNTUK KEGIATAN KONFERENSI OLEH CV BIRU MUDA FORTUNA

2005413018, Duwi Adinda Safitra and 2005413055, Kania Nirmala Dewi and 2005413019, Rizky Oktaviani (2024) RANCANGAN USAHA JASA PENYEDIA TALENT DAN NARASUMBER UNTUK KEGIATAN KONFERENSI OLEH CV BIRU MUDA FORTUNA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
BP - CV Biru Muda Fortuna - Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d. Bab 4)
BP - CV Biru Muda Fortuna - Bab 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Banyak penyelenggara event konferensi menghadapi tantangan dalam menemukan talent dan narasumber yang tepat, termasuk keterbatasan informasi dan kesulitan dalam menghubungi mereka. CV Biru Muda Fortuna melihat peluang untuk menyediakan layanan yang membantu penyelenggara acara dalam mencari talent dan narasumber yang kompeten dan sesuai kebutuhan. Dengan layanan ini, CV Biru Muda Fortuna berusaha memfasilitasi kebutuhan penyelenggara konferensi dalam memastikan acara berjalan sukses dan berkualitas.
CV Biru Muda Fortuna berfokus pada jasa penyediaan talent dan narasumber untuk konferensi pada bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi. Untuk penyediaan talent, perusahaan ini menyediakan Master of Ceremony (MC) dan Moderator. Terdapat 3 (tiga) pilihan paket yang ditawarkan yaitu Gold, Silver, dan Bronze. Kantor CV Biru Muda Fortuna akan berlokasi di Co-Working GKM Green Tower, Jl. TB Simatupang No.Kav. 89G, RT.10/RW.2, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520.
Berdasarkan hasil survei yang telah kami lakukan melalui penyebaran kuesioner berupa google form yang disebarkan kepada pihak-pihak yang kerap menyelenggarakan konferensi, 77,5% dari total 71 responden tertarik dengan jasa penyedia talent dan 75,6% dari total 78 responden tertarik dengan jasa penyedia narasumber untuk event konferensi. Melihat besarnya ketertarikan minat pasar, 1 maka CV Biru Muda Fortuna berupaya untuk mendirikan perusahaan penyedia jasa talent dan narasumber dengan mempertimbangkan peluang tersebut.
Perusahaan ini menggunakan aktivitas marketing 7P (Product, Price, Place, People, Promotion, Process and Physical Evidence) dengan memfokuskan penawaran kepada Event Organizer, Professional Conference Organizer (PCO), Asosiasi, dan Institusi untuk acara konferensi di 6 (enam) kota utama MICE di Indonesia: Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.
Modal awal untuk mendirikan CV Biru Muda Fortuna dari para pendiri perusahaan memiliki akumulasi total sejumlah Rp 200.000.000,- terbilang dua ratus juta rupiah. Perusahaan ini telah menghitung Payback Period (PP) dengan hasil dalam jangka waktu 4 tahun, 2 bulan, dan 11 hari sudah balik modal. Untuk menilai kelayakan perusahaan, CV Biru Muda Fortuna juga telah menghitung Net Present Value (NPV) dan Profitability Index (PI). Hasil dari NPV sebesar Rp.637,060,504,- dimana NPV > 0 bernilai positif. Kemudian hasil dari Profitability Index (PI) besarannya senilai 4.18. Usaha dinilai layak apabila memiliki nilai Profitability Index > 1 (sama dengan lebih dari satu). Berdasarkan perhitungan dari analisis keuangan dan analisis marketing tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa CV Biru Muda Fortuna memenuhi persyaratan dalam sebuah kelayakan usaha.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Rizky Oktaviani
Date Deposited: 11 Oct 2024 09:10
Last Modified: 11 Oct 2024 09:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item
View Item