4517010012, Sirin Huwaida (2021) RANCANGAN USAHA JASA PENYEDIA PUBLIK FIGUR SEBAGAI NARASUMBER UNTUK KEGIATAN TALKSHOW DAN WORKSHOP OLEH CV DAILY TALKS. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf
Download (16MB)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
CV Daily Talks merupakan perusahaan penyedia usaha jasa narasumber untuk event, seminar, dan workshop. Perusahaan ini didirikan oleh tiga orang lulusan Program Studi S1 Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran (MICE) Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. CV Daily Talks didirikan pada tahun 2021 dan berlokasi di Jalan Tanjung Barat Lama Nomor 8, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530.
Produk utama yang ditawarkan oleh CV Daily Talks adalah jasa penyediaan public figure untuk menjadi narasumber untuk acara seminar, workshop dan talkshow event. Perusahaan kami didirikan melalui market research mengenai kebutuhan narasumber untuk event. Melalui market research yang dilakukan, terlihat adanya peluang dalam mengembangkan bisnis untuk menjadi jasa penyedia narasumber. Disamping itu, ada pula produk pendukung yang ditawarkan oleh CV Daily Talks yaitu jasa penyelenggaraan seminar atau webinar.
Target pasar perusahaan kami adalah memfokuskan penawaran jasa kepada event organizer yang berdomisili di JABODETABEK dan Jawa Barat. berdasarkan hasil riset dari 3 pesaing yaitu Sociabuzz, Narasumber.id dan Edukatama pada 3 tahun kebelakang terhitung dari 2017, frekuensi jumlah penyediaan jasa narasumber terhitung naik sebanyak 20% setiap tahunnya. Selama tiga tahun pertama pada masa operasional terhitung sejak tahun 2021,
CV Daily Talks memiliki target penjualan sebanyak 178 event. CV Daily Talks menargetkan 15 event pada tahun 2021, 29 event pada tahun 2022, 53 event
pada tahun 2023, dan 81 event pada tahun 2024.
Berdasarkan hasil survei yang telah kami lakukan melalui penyebaran kuesioner terkait minat masyarakat terhadap publik figur sebagai narasumber pada event talkshow dan workshop menunjukkan bahwa 96.6% dari total 119 orang tertarik akan hadirnya publik figur sebagai narasumber dalam event.
Berdasarkan penjelasan diatas, adapun strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV Daily Talks dengan menggunakan 7P (Product, Price, Place, People, Promotion, Process, Physical Evidence). CV Daily Talks menggunakan strategi penetapan harga yang berlandaskan cost – based pricing yaitu harga berdasarkan biaya setelah melakukan perhitungan akumulasi dari biaya – biaya operasional dan harga pokok narasumber, kemudian ditentukan harga produk.
Calon klien dapat menghubungi CV Daily Talks melalui media sosial seperti E-Mail, Instagram, WhatsApp Chat dan website resmi Daily Talks dan melihat katalog detail produk yang sudah tertera disana. CV Daily Talks merekrut narasumber yang memiliki pengalaman dan sertifikasi dan SDM narasumber yang kompeten pada bidangnya.
CV Daily Talks memiliki virtual office yang terletak di Jl. Tanjung Barat Lama No. 8, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Penempatan lokasi perusahaan yang strategis menjadi salah satu hal yang penting dalam pendirian suatu bisnis
Untuk strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan yaitu melalui iklan / advertising di sosial media dan direct marketing untuk menaikkan penjualan. Kegiatan advertising ini meliputi pemasangan iklan di Facebook Ads dan Instagram Ads yang saat ini menjadi platform periklanan yang efektif untuk penjualan produk secara online. Selain itu, CV Daily Talks juga melakukan direct marketing dimana komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen individual yang bertujuan agar pesan atau promosi yang ditujukan ditanggapi oleh konsumen.
Modal perusahaan dihimpun dari 3 orang pendiri perusahaan dengan mengumpulkan modal sebesar Rp50.000.000, CV Daily Talks telah membuat analisis kelayakan usaha yang bisa dilihat pada BAB 6, yaitu perhitungan Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), dan Profitability Index (PI).
Pada perhitungan Net Present Value (NPV), nilai NPV yang diraih ialah Rp272,225,891. Selanjutnya pada perhitungan analisis Profitability Index (PI), nilai PI yang diraih oleh CV Daily Talks sebesar 6.4. Lalu berdasarkan analisis Internal Rate of Return (IRR), persentase yang diraih sebesar 109%. Melalui perhitungan Rate of Investment (ROI), persentase yang diraih oleh perusahaan kami selama 4 (empat) tahun yaitu 149%. Berdasarkan analisis Payback Period (PP), modal awal akan terkumpul dalam jangka waktu 1 (satu) tahun.
Berdasarkan seluruh analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari sisi keuangan, perusahaan kami memenuhi persyaratan dalam penilaian kelayakan usaha.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Sirin Huwaida |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 12:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 12:58 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2281 |