Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Financing to Deposit Ratio Terhadap Return on Assets Bank Umum Syariah Dengan Market Share Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Syariah Yang Memiliki ROA Bermasalah)

2004411030, Lintang Bagus Prasetyo (2024) Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Financing to Deposit Ratio Terhadap Return on Assets Bank Umum Syariah Dengan Market Share Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Syariah Yang Memiliki ROA Bermasalah). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
BAB II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (942kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel Ilmiah.pdf

Download (349kB)

Abstrak

Rentabilitas merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kesehatan dan merupakan aspek penting dari setiap bank syariah. Akan tetapi, selama lima tahun terakhir, sejumlah bank umum syariah menunjukkan kemampuan menghasilkan laba yang buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana inflasi, suku bunga, dan Financing to Deposit Ratio (FDR) mempengaruhi Return on Assets (ROA) Bank Umum Syariah yang bermasalah dan
market share sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan bantuan eviews 12 dalam mengolah data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan Otoritas Jasa Keuangan, laporan statistik Bank Indonesia, dan laporan keuangan masing-masing bank. Bank Bukopin Syariah, Bank Muamalat, Bank Panin Dubai Syariah, dan Bank Aladin dijadikan sampel dipenelitian ini karena memiliki ROA yang bermasalah. Berdasarkan hasil penelitian, suku bunga dan FDR tidak berpengaruh terhadap market share perbankan syariah, sedangkan inflasi berpengaruh positif terhadap market share perbankan syariah. ROA dipengaruhi positif oleh FDR. Namun, market share perbankan syariah berdampak negatif pada ROA. ROA tidak terpengaruh oleh inflasi atau suku bunga. Hubungan antara ROA dan inflasi dapat dimediasi oleh market share perbankan syariah, tetapi hubungan antara suku bunga dan FDR pada ROA tidak dapat dimediasi oleh market share perbankan syariah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Lintang Bagus Prasetyo
Date Deposited: 17 Sep 2024 00:42
Last Modified: 17 Sep 2024 00:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22459

Actions (login required)

View Item
View Item