RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA EVENT MUSIK BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN OLEH CV ETERNAL CREATIVA

2005413012, Chalista Rekkasani and 2005413003, Marisa Amelia Ranchani and 2005413030, Nur Khasanah (2024) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA EVENT MUSIK BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN OLEH CV ETERNAL CREATIVA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1, BAB 5 - 7, dan Lampiran] Text (BAB 1, BAB 5 - 7, dan Lampiran)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4] Text (BAB 2 - BAB 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

CV Eternal Creativa merupakan perusahaan yang berlokasi di Kota Tangerang dengan fokus pada penyelenggara event musik dengan konsep ramah lingkungan. Perusahaan ini didirikan untuk merespons tingginya demand dan antusiasme masyarakat terhadap event musik yang turut diiringi dengan tingginya penambahan limbah dari hasil pelaksanaan event musik. Menjawab permasalahan tersebut, CV Eternal Creativa turut mengembangkan produk unggulan bernama SustainaBeat Fest dan SustainaBeat yang didukung oleh produk Eco-llab. SustainaBeat Fest adalah acara festival musik yang memiliki kampanye ramah lingkungan.

SustainaBeat adalah bagian dari rangkaian acara SustainaBeat Fest. Untuk mendukung konsep ini, CV Eternal Creativa menerapkan beberapa kampanye dan inisiatif, termasuk pemilihan lokasi acara yang mudah diakses dengan transportasi umum, memberikan donasi kepada kegiatan lingkungan, menyediakan stasiun daur ulang, serta memproses limbah yang dihasilkan selama acara berlangsung. Selain itu, perusahaan juga bekerja sama dengan penyedia transportasi umum untuk kampanye #SustainaBeatAntiPolusi, guna mengurangi emisi polusi. CV Eternal Creativa juga menawarkan Eco-llab, yakni penjualan
merchandise yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Produk ini dirancang untuk memperkuat komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan kepedulian
lingkungan.

CV Eternal Creativa memulai kegiatan operasionalnya di tahun 2025, dengan proyeksi penyelenggaraan produk utama sebanyak lima event di tahun 2025, lalu meningkat sebanyak 57,19% berdasarkan hasil perhitungan pertumbuhan rata-rata selama tiga tahun dengan total pesaing sebanyak tiga perusahaan, sehingga menjadi delapan penyelenggaraaan di tahun 2026 dan 12 penyelenggaraan di tahun 2027. Selain itu, perusahaan juga merencanakan perilisan merchandise sebanyak dua kali pada tahun 2025 sampai tahun 2027. Setiap peluncuran akan mencakup tiga produk dari total sembilan produk yang dirotasikan, dengan tujuan mempertahankan antusiasme audiens.

CV Eternal Creativa juga melakukan analisis investasi terkait kelayakan perusahaan dan tingkat pengembalian investasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa menurut perhitungan Payback Period (PP), perusahaan akan mengembalikan modal
investasi sepenuhnya dalam waktu 2 (dua) tahun 3 (tiga) bulan 9 (sembilan) hari. Analisis Net Present Value (NPV) menunjukkan hasil sebesar Rp274.939.644, yang menandakan bahwa perusahaan layak dijalankan karena nilai NPV lebih besar dari nol atau positif. Selanjutnya, Internal Rate of Return (IRR) perusahaan tercatat sebesar 56,61%, yang menunjukkan potensi pengembalian investasi yang tinggi. Analisis Return on Investment (ROI) menunjukkan pertumbuhan persentase ROI sebesar 28,67% pada tahun pertama, 38,38% pada tahun kedua, dan 39,41% pada tahun ketiga. Menurut Profitability Index (PI), perusahaan memiliki nilai 2,374698222, yang berarti proyek ini layak dijalankan karena nilai PI lebih besar dari satu. Berdasarkan analisis-analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa CV Eternal Creativa adalah bisnis yang layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 780 Musik > 780 Musik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Nur Khasanah
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:36
Last Modified: 27 Sep 2024 04:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item
View Item