Ramadhona, Astri Amalia and Sieghnorri, Anatasya Novi and Oktiana, Fitriyani (2024) RANCANGAN USAHA JASA PERJALANAN INSENTIF NUSANTARA OLEH CV GAMA DWIPANTARA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Cover, Bab 1, 2, 7, dan Lampiran - CV Gama Dwipantara.pdf
Download (17MB)
Isi Bab 3, 4, 5, dan 6 - CV Gama Dwipantara.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB) | Request a copy
Abstrak
CV Gama Dwipantara bergerak di bidang penyedia layanan jasa perjalanan insentif dan wisata. Didirikan pada tahun 2024, perusahaan ini mulai beroperasi secara resmi pada bulan Oktober dengan modal awal sebesar Rp200.000.000 (dua ratus juta rupiah). Modal tersebut berasal dari 3 (tiga) orang pendiri perusahaan yaitu Astri Amalia sebagai Direktur Utama, Anatasya Novi sebagai Direktur Pemasaran dan Fitriyani Oktiana sebagai Direktur Keuangan.
Produk utama yang ditawarkan adalah paket perjalanan insentif ke Yogyakarta selama 3 hari 2 malam dengan harga Rp147.000.000 untuk 30 orang. Salah satu program menarik yang ditawarkan pada perjalanan insentif tersebut adalah gala dinner bertema Kerajaan Mataram Kuno. Selain itu, perusahaan juga menawarkan produk pendukung berupa paket perjalanan wisata Bandung selama 2 hari 1 malam dengan harga Rp47.500.000 untuk 25 orang.
Segmentasi pasar produk utama adalah perusahaan perusahaan Indonesia yang tertarik mengadakan perjalanan insentif. Sedangkan segmentasi pasar produk pendamping adalah organisasi dan komunitas kemasyarakatan di Indonesia.Target pasar produk utama adalah perusahaan asuransi, otomotif, dan perbankan di Jabodetabek. Sedangkan target pasar produk pendamping adalah organisasi serta komunitas sosial, agama, dan budaya di Jabodetabek. Positioning perusahaan sebagai penyedia jasa perjalanan insentif dan wisata adalah dengan memberikan kesan perjalanan yang tak terduga, sesuai dengan tagline yaitu “Enjoy your unexpected journey”. Strategi pemasaran yang ditetapkan yaitu menggunakan bauran pemasaran 7P: product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Strategi promosi yang diterapkan yaitu below the line, dengan memanfaatkan Instagram, Tiktok, website dan direct e-mail.
Proyeksi penjualan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan memperkirakan bahwa produk utama (core product) berupa perjalanan insentif Nuswantara Samarasya akan dilakukan sebanyak 14 kali, sedangkan produk pendamping (supporting product) berupa perjalanan wisata Bandung akan dilakukan sebanyak 41 kali. Perhitungan Net Present Value (NPV) CV Gama Dwipantara sebesar Rp297.328.793. Pada perhitungan Payback Period (PP), modal awal perusahaan akan kembali dalam waktu 2 tahun 5 bulan 23 hari atau pada tahun 2026 dengan pertimbangan kondisi pasar yang stabil. Pada perhitungan Internal Rate of Return (IRR), persentase yang diraih sebesar 15%. Pada perhitungan Return on Investment (ROI), persentase yang diraih selama 4 tahun sebesar 11,48%, 30,76%, 39,32% dan 47,38%. Profitability Index (PI) yang diraih yaitu 2,7216098.
Berdasarkan seluruh analisis yang mencakup analisis pasar, analisis keuangan, dan analisis resiko usaha, pemilik perusahaan berkeyakinan bahwa rencana bisnis ini layak untuk dijalankan dan berpotensi menjadi perusahaan yang kompetitif.