RANCANG BANGUN WEBSITE EMISI KARBON PADA ALAT BERAT DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM DI PT. NINDYA KARYA

2003421029, Khofifah Sarani (2024) RANCANG BANGUN WEBSITE EMISI KARBON PADA ALAT BERAT DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM DI PT. NINDYA KARYA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (832kB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Website pemantauan emisi karbon yang dilengkapi fitur notifikasi Telegram, guna memantau emisi karbon alat berat di PT. Nindya Karya, sebuah perusahaan konstruksi BUMN. Latar belakang penelitian ini berasal dari kontribusi signifikan sektor konstruksi terhadap emisi karbon global, yang mencapai 25%. PT. Nindya Karya sebelumnya menggunakan NICAF (Nindya Carbon Footprint Calculator) untuk menghitung emisi karbon, namun data diperoleh secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengotomatisasi pengumpulan data karbon secara real-time dari proyek konstruksi menggunakan sensor LoRa, yang kemudian diintegrasikan ke dalam Website dengan fitur konversi CO dan CO2 dari PPM ke persen (%). Selain itu, Website ini dilengkapi dengan sistem notifikasi berbasis Telegram untuk memberikan peringatan ketika emisi melebihi ambang batas yang telah ditetapkan. Metode penelitian mencakup pengujian tiga jenis gas, yakni Hidrokarbon (HC), Karbon Monoksida (CO), dan Karbon Dioksida (CO2). Website ini juga diuji dari segi kinerja, keamanan, aksesibilitas, dan kesesuaian fungsional, dengan hasil uji fungsionalitas mencapai 100%, menandakan sistem berjalan dengan baik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem notifikasi Telegram berfungsi efektif, dengan pengiriman alert yang cepat dan relevan. Kesimpulannya, Website ini memudahkan dalam memantau emisi karbon dari jarak jauh, meningkatkan efisiensi pemantauan, serta membantu dalam mengambil tindakan yang bertujuan untuk mengurangi dampak emisi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Khofifah Sarani
Date Deposited: 10 Sep 2024 00:49
Last Modified: 10 Sep 2024 00:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22287

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item